Sukses

Ini Alasan Mengapa Wajah Anda Berbeda Saat di Foto dan Bercermin

Menyingkap jawaban di balik pertanyaan yang sering kali diajukan oleh banyak orang, mengapa wajahku berbeda dari yang biasa di cermin?

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasakan wajah Anda berbeda pada saat foto dan bercermin? Baik selfie atau meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto Anda, hasilnya tetap akan terlihat sedikit berbeda dibandingkan pada saat bercermin. Hal ini memang sangat menyebalkan karena membuat ekpektasi yang kita miliki terhadap hasil foto tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Guna mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, berikut ini adalah penjelasannya melansir dari huffingtonspost.com Selasa (31/7/2018).

1. Kita berharap banyak dengan gambar di cermin

Nolan Feeney menjelaskan dalam artikel Atlantik 2014, ketika melihat diri kita secara terbalik dengan menggunakan kamera, gambar yang didapatkan akan menjadi sedikit aneh karena sebagian karena wajah kita tidak simetris sempurna. Selain itu, noda-noda yang ada di wajah juga tidak akan tertutupi di foto, berbanding terbalik dengan cermin yang mampu menyembunyikannya.

"Orang-orang dewasa yang melihat dirinya di cermin dan meyakini bahwa hal tersebutlah yang juga dilihat oleh semua orang, padahal yang benar-benar terjadi adalah kebalikannya yang tidak seuai harapan dan aneh," kata Jay Perry, seorang fotografer Kanada yang tinggal di Hamilton, Ontario. "Cermin adalah sejenis benda kebohongan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kita lebih menyukai wajah yang familiar

Frekuensi kita bercermin tentu lebih banyak dibandingkan berfoto. Hal tersebut secara tidak sadar membuat kita lebih menyukai wajah yang sering kita lihat. Bahkan teori eksposur mengatakan bahwa sesuatu yang terjadi secara berulang dapat membuat kita lebih menyukainya. “Melihat tampilan diri sendiri di cermin menciptakan kesan yang kuat dan akrab. Keakraban tersebut kemudian menghasilkan sebuah kesukaan. Kemudian secara tidak sadar telah menetapkan preferensi untuk tampilan wajah Anda," jelas Pamela Rutledge, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, mengatakan kepada The Atlantic pada tahun 2014

3. Berkaitan dengan Teknik Penggunaan

Perbedaan lensa kamera yang digunakan maka akan memberikan hasil foto yang berbeda pula. Bagi orang yang ingin terlihat lebih ramping, dapat memilih lensa yang lebih panjang karena "semakin pendek lensa, maka hasilnya akan membuat wajah Anda terlihat lebih lebar," ucap Perry. (Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini