Sukses

Seniman Asal Cirebon Sulap Batang Korek Jadi Karya Seni Bercerita

Sekali berarti sudah itu mati, itulah nasib sebatang korek api. Tapi di tangan Mukhamad Ikhwan, seniman asal Cirebon, korek api punya umur yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta Sekali berarti sudah itu mati, itulah nasib sebatang korek api. Tapi di tangan Mukhamad Ikhwan, seniman asal Cirebon, korek api punya umur panjang, bisa menjadi karya seni memukau yang memunculkan banyak kesan dan amanat tersirat bagi orang yang melihatnya. Lewat jalinan batang korek, Ikhwan menghadirkan miniatur kisah yang menghibur banyak orang.

Mukhamad Ikhwan atau Bang Korek saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/7/2018) mengatakan, karya seni membuat figur yang bercerita dari korek api awalnya muncul dari hobi fotografinya. Keinginan memotret objek berbeda dari kebanyakan orang mendorongnya menciptakan figur sendiri dari korek api.

“Awalnya saya bikin dari kertas, saya buat seperti figur manusia, ternyata susah juga ya bikinnya. Terus saya coba buat dari batang korek, terus saya upload di medsos, ternyata banyak respon positif dari warganet. Dari sinilah saya jadi tertarik menggeluti motret figur yang saya beri nama ‘bang korek’,” ungkap Ikhwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dijual Ratusan RIbu

Lebih jauh dirinya menceritakan, untuk membuat satu minatur rumah lengkap dengan figur manusia dari batang korek api dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Selain batang korek, bahan lain yang diperlukan antara lain benang, kawat, lem, dan tang.

“Kalau ide cerita biasanya saya cuma lihat dari kehidupan sehari-hari saja, yang ada di sekitar saya,” ungkap Ikhwan.

Ikhwan mengakui, satu karya miniatur korek api dijual dengan harga berkisar antara Rp 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan proses pembuatannya. Sempat vakum dari transaksi jual beli karya karena rutinitas kesibukannya, Ikhwan berencana akan menjual karya-karyanya lagi.

“Sempat kepikiran juga mau bikin pameran tunggal, tapi belum kesampaian,” ungkap Ikhwan.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Bang Korek

Ikhwan berharap ke depan karya-karyanya bisa diterima di masyarakat yang lebih luas. Bisa menciptakan inovasi-inovasi yang baru, yang lebih menarik. Salah satunya dalam bentuk animasi. Bagi Anda yang ingin lebih dekat melihat karya-karya korek api Ikhwan dan info soal proses pembuatannya bisa mampir ke Instagram @BangKorek.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.