Sukses

Sedang Stres? Coba Redakan dengan Membaca Puisi

Selain sebagai hobi, membaca puisi juga dapat mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya meredakan stres.

Jakarta Tak hanya sebagai hobi, membaca puisi juga ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat dalam kehidupan Anda. Puisi memang memiliki daya tarik tersendiri. Pilihan kata yang indah, susunan kalimat yang menyentuh perasaan, ditambah kalimat-kalimat rima yang tersusun merdu.

Bagi pembacannya, mungkin hal diatas terasa nyata. Namun, bagaimana bagi yang sebagain orang yang belum terlalu mengenal dan bahkan tidak pernah membaca puisi? Yuk kita intip 5 alasan kenapa membaca puisi baik untuk tubuh dan pikiran seseoang.

Menambah perbendaharaan kata

Saat membaca puisi, banyak kata yang jarang ditemui sehari-hari. Agar memahami maksud dari puisi yang dibaca, pembaca secara tidak langsung ikut mempelajari kata-kata yang dianggap baru. Hal ini tentu dapat menambah perbendaharaan kata pembaca.

Memberi banyak ide

Pembaca mungkin membaca puisi dengan kultur yang berbeda dengan dirinya, juga ditulis oleh penulis yang memiliki perbedaan umur dengannya. Berbagai pandangan yang didapat akan membuat pikiran pembaca lebih terbuka dan mudah mendapat ide baru.

Menambah pengalaman baru

Seringkali, puisi membuat pembaca masuk ke dalam imajinasi penulis yang liar. Pembaca akan merasakan fantasi dan masuk dalam dimensi yang berbeda lewat kata-kata. Jiwa yang terbagun dari membaca puisi biasanya dapat menambah pegalaman psikis bagi pembaca. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghilangkan rasa stres atau cemas

Puisi adalah bagian dari seni. Seni pada dasarnya dapat membantu penikmatnya untuk menghilangkan perasaan stres ataupun cemas. Namun, pada puisi pembaca terkadang dapat menemukan situasi yang sedang terjadi pada dirinya. Dengan membaca puisi yang sesuai isi hati, perasaan stres atau cemas yang dirasakan dapat tersalurkan.

 

3 dari 3 halaman

Membuat rasa nyaman dan tenang

Membaca puisi, membuat pembacanya terhenti sejenak dari kegiatan lain. Pembaca dapat mendengarkan isi hatinya sambil menyelami setiap frasa yang tertulis. Kehingan itu juga dapat membuat pembaca merasa nyaman dan tenang.

Penulis: Ayudya Annisa

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.