Sukses

5 Cara Ampuh Cegah Belanja Impulsif

Berhenti belanja secara impulsif dengan beberapa cara di bawah ini, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda masih sering merasa tak seharusnya membeli sebuah barang karena alasan harga murah padahal tak membutuhkan atau belanja secara impulsif? Celakanya lagi, ketika Anda berjalan-jalan, tampaknya semua hal terasa diperlukan.

Atau jika Anda memang jarang keluar rumah, diskon toko online seringkali masih terasa menggiurkan dengan kalimat "Sale 50%" atau separuh harga, benar? Dilansir dari gobankingrates.com, Rabu (25/7/2018), berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa berhenti belanja secara impulsif, penasaran?

1. Beri diri sendiri waktu untuk berpikir sebelum melakukan pembelian, namun jangan lakukan hal ini di dalam toko. Taruh kembali barang yang Anda inginkan di tempatnya dan beri waktu kepada diri sendiri untuk berpikir lagi, alih-alih langsung mengeluarkan kartu kredit untuk belanja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips agar dapat berhenti belanja impulsif

2. Lihat kembali barang yang ingin dibeli dan pikirkan apakah Anda benar-benar belum memiliki yang serupa? Manusia terkenal sebagai makhluk kebiasaan yang seringkali menyukai hal-hal yang sama atau mirip.

3. Jika berhubungan dengan belanja online, blok atau berhentilah berlangganan pemberitahuan yang sangat memungkinkan akan membuat Anda berbelanja dari sana.

3 dari 3 halaman

Tips agar dapat berhenti belanja impulsif

4. Jangan berbelanja hanya karena Anda merasa bosan. Dalam banyak hal, belanja bisa dijadikan salah satu hiburan, yang membuat Anda sering membeli hal-hal yang sebenarnya tidak benar-benar diperlukan.

5. Jika Anda merasa benar-benar harus membeli sesuatu, cobalah untuk memberikan barang-barang lama Anda kepada orang lain yang membutuhkannya. Cara ini akan membuat lemari Anda lebih terorganisir, sudah pernah coba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.