Sukses

Sulit Tidur? Coba 6 Langkah Atur Pernapasan Agar Cepat Terlelap

Berikut enam langkah agar mudah terlelap di malam hari bagi Anda yang memiliki gangguan sulit tidur.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi sekarang membuat gaya hidup berubah. Generasi milenial dan kaum urban saat ini bekerja seharian dan berkutat dengan kemacetan ibu kota. Hal ini membuat Anda memiliki tingkat stres yang tinggi dan sulit untuk tidur.

Stres dan kurangnya waktu tidur nyatanya saling berhubungan. Ketika mengalami stres Anda akan menghabiskan setiap malam sebelum tidur untuk memikirkan solusinya, sehingga Anda kekurangan waktu untuk beristirahat. Seperti dilansir dari Allwomanstalk, Senin (23/7/2018), sebagian besar masyarakat yang bekerja memiliki gangguan kesulitan tidur di malam hari.

Stres adalah respons tubuh terhadap situasi yang berpotensi membahayakan. Meskipun efek stres bervariasi bagi setiap orang, reaksi umum dari stres yaitu berupa pernapasan yang tidak beraturan, otot menegang, naiknya tekanan darah, dan peningkatan denyut jantung. Dalam keadaan seperti ini, tubuh Anda akan menolak untuk tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mengatasi sulit tidur

Jika Anda memiliki gangguan tidur, dapat mengatur pernapasan Anda sehingga dapat tertidur dengan nyenyak. Cara ini mudah namun berdampak cepat pada kualitas tidur Anda. Caranya sangat sederhana, tidak membutuhkan waktu lama bahkan bisa dilakukan di mana saja. Bagi Anda yang memiliki gangguan sulit tidur, berikut cara mudah mengatasinya dengan mengatur pernapasan.

 

3 dari 3 halaman

Cara mengatasi sulit tidur

1. Tempatkan ujung lidah Anda pada punggung jaringan saraf tepat di atas gigi depan atas Anda.

2. Buang napas sepenuhnya dari mulut, membuat suara deru ketika Anda melakukannya.

3. Tutup mulut Anda dan tarik napas perlahan melalui hidung, kemudian hitung sampai empat.

4. Tahan napas hingga hitungan ketujuh.

5. Buang napas sepenuhnya dari mulut pada hitungan kedelapan hingga menimbulkan suara hembusan napas.

6. Ulangi proses yang sama selama tiga kali atau lebih hingga Anda tertidur. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia

  • tidur