Sukses

6 Tempat yang Berkaitan dengan Nelson Mandela

Bertepatan dengan 100 tahun kelahiran Nelson Mandela, intip yuk tempat-tempat yang berkaitan dengan sosok Mandela.

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa hari terakhir mungkin Anda menjumpai beberapa berita yang membahas tentang Nelson Mandela. Hal ini terjadi karena tepat pada tanggal 18 Juli kemarin adalah peringatan 100 tahun kelahiran Mandela. Meskipun Mandela telah tutup usia pada tahun 2013 lalu, namun Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan tersebut masih memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dunia. Ia dikenal aktif dalam menyuarakan kesetaraan hak manusia terlepas dari warna kulit yang mereka miliki atau antiapartheid.

Berikut ini adalah enam tempat yang paling berkaitan dengan sosok Nelson Mandela, mengutip dari forbes.com.

1. Pulau Robben

Pulau Robben merupakan tempat di mana Mandela menghabiskan 18 dari 27 tahun penjara. Tahanan politik dan kasus kriminal lainnya juga dikirimkan ke tempat ini.

2. Liliesleaf

Di pinggiran Rivonia, Johannesburg, lahan pertanian ini berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi para pemimpin Kongres Nasional Afrika sekaligus Mandela. Di sini ia menyamar sebagai pekerja pertanian. Namun, setelah berjalan selama dua tahun, tepat pada 11 Juli 1963 polisi keamanan menangkap pempimpin-pemimpin tersebut sekaligus mengamankan properti yang ada. Pada saat itu sebenarnya Mandela sedang dijatuhi hukuman lain, tetapi ia juga dibawa ke pengadilan karena kaitannya dengan Liliesleaf. Liliesleaf kemudian menjadi situs bersejarah pada Juni 2008.

3. Rumah Mandela

Rumah pribadi Mandela ini sekarang sudah dialihfungsikan sebagai museum. Mandela menghabiskan sedikit waktunya di tempat ini. Sebab, menjadi seseorang sangat aktif dalam kegiatan politik dan beberapa kali harus berada dalam pelarian membuatnya jarang berada di rumah. Mandela kembali ke rumah ini pada tahun 1990 setelah dibebaskan dari pulau Robben.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat yang berkaitan dengan Nelson Mandela

4. Balai Kota Cape Town dan Grand Parade

Balai Kota ini merupakan saksi bisu tempat Mandela menyampaikan pidato pertamanya sebagai seorang laki-laki merdeka pada 11 Februari 1990. Banyak orang yang berkumpul ke Grand Parade atau lapangan umum utama untuk mendengarkannya berbicara. Dan untuk merayakan ulang tahunnya yang keseratus tahun, patung Mandela akan diresmikan di balai kota tersebut guna mengenang momen saat itu.

5. Constitution Hill

Kompleks yang terletak di Johannesburg ini adalah bekas penjara dan benteng militer yang menahan orang-orang dari berbagai latar belakang dan keyakinan dengan perlakuan yang bervariasi sesuai dengan warna kulitnya. Narapidana yang pernah menghuni tempat ini tidak hanya Mandela, tetapi juga Mahatma Gandhi dan Winnie Mandela.

 

3 dari 3 halaman

Nelson Mandela

6. Museum Apartheid

Selain menjadi sarana pembelajaran, museum yang juga terletak di Johannesburg ini memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana kehidupan di Afrika Selatan pada abad ke-20 di bawah sistem apartheid dan apa yang diharapkan untuk masa kedepannya. Lebih dari dua puluh pameran memandu pengunjung melalui berbagai aspek diskriminasi ras melalui film, artefak, foto dan dokumen pribadi yang ditampilkan.

(kiki novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.