Biasa Hidup Mewah, Ini 8 Cara Keluarga Kerajaan Inggris Mencari Nafkah

Oleh Liputan6.com pada 17 Jul 2018, 15:23 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:22 WIB
[Bintang] Pembaptisan Pangeran Louis

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Kerajaan Inggris selama ini dikenal memiliki gaya hidup mewah  dengan kekayaan melimpah. Untuk menjalani kerajaan diperlukan biaya mencapai 358 juta Dolar AS tiap tahunnya.

Jumlah tersebut termasuk untuk memenuhi standar tinggi dari kebanyakan orang. Meski begitu, keluarga Kerajaan Inggris mampu menutupi seluruh pengeluaran secara mandiri tanpa bantuan dari pembayar pajak dan investasi lainnya.

Lantas bagaimana anggota Kerajaan Inggris seperti Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran Harry, dan anak istri mendapatkan uang? Berikut beberapa sumber penghasilan keluarga Kerajaan Inggris seperti melansir dari insider.com, Selasa (17/7/2018);

1. Hibah tak terbatas

Hibah berasal dari keuntungan keuntungan Crown Estate setiap tahunnya. Crown Estate merupakan koleksi properti dan pertanian Inggris yang menghasilan ratusan juta pound sterling tiap tahunnya. 

Sebagian besar pendapatan dari Estate Crown masuk ke kas pemerintah dan sekitar 15 sampai 20 persen diberikan kepada Ratu. 

2. Privy Purse

Ratu Elizabeth II mendapatkan penghasilan pribadi yang disebut sebagai Privy Purse. Ini adalah sebuah portofolio yang berisi 45.600 hektar kepemilikan tanah, bisnis perumahan komersial, dan pertanian. The Guardian melaporkan aset tersebut bernilai lebih dari setengah miliar pound sterling.

 

2 dari 3 halaman

Kekayaan melimpah para anggota keluarga kerajaan

[Bintang] Keluarga Kerajaan Inggris
Banyak yang meduga bahwa hal tersebut disebabkan oleh kesehatan Ratu Elizabeth II yang menurun. (CNBC)

3. Kekayaan pribadi Ratu

Tidak peduli seberapa banyak hibah yang dimiliki Ratu, ternyata ia juga memiliki kekayaannya sendiri yang jumlahnya mencapai 414,7 juta Dolar AS.

4. Koleksi lukisan dan karya seni 

Koleksi karya seni milik ratu mampu meneguhkan kedudukannya dalam hal kekayaan dan posisinya.

5. Kepemilikan emas

Beberapa penghasilan mereka berasal dari kepemilikan berbagai aset seperti batu kapur, batu bara, batu tulis, batu pasir, gipsum, dan tentu saja emas.

 

3 dari 3 halaman

Nafkah Keluarga Kerajaan

[Bintang] Kerajaan Inggris
Terlebih pihak yang dijelekkan oleh ayah dari Meghan Markle tersebut adalah kerajaan Inggris. (Adrian Dennis-AFP)

6. Kepemilikan Kastil Balmoral di Skotlandia dan Sandringham Estate

Kedua aset tersebut diperoleh Ratu sebagai warisan dari sang ayah.

7. Pertanian angin

Keluarga kerajaan menghasilkan uang dari sektor energi terbarukan dan telah melakukannya selama enam tahun terakhir. BBC melaporkan tahun 2016, Crown Estate memperoleh 31 juta Dolar AS untuk bisnis pertanian angin. Mereka memiliki rencana untuk memperluasnya lebih jauh pada tahun 2017.

8. Warisan Putri Diana

Baik Pangeran Harry maupun Pangeran William, keduanya mendapatkan warisan ketika ibunya, Putri Diana meninggal. Masing-masing pangeran memperoleh 13 juta Dolar AS. Selain itu, mereka juga mendapatkan banyak perhiasan, gaun, dan dokumen-dokumen milik Putri Diana.

(Kiki Novilia)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Konser Satu Cara #MusicAgaintsCorona