Sukses

Cara Asyik Traveling Tanpa Jet lag!

Persiapan yang maksimal akan memberikan Anda sebuah pengalaman yang lebih baik dalam melakukan perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini traveling sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh banyak orang, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang melancong ke luar negeri sekedar untuk melepas rasa penat maupun melakukan perjalanan bisnis. Keseruan tersebut sayangnya sampai sekarang seringkali dihantui oleh jet lag, sebuah kondisi gangguan pola tidur sementara yang terjadi karena melakukan perjalanan jauh hingga melintasi zona waktu yang berbeda.

Seperti yang dilansir dari sleepfoundation.org, pada saat traveling ke sebuah zona waktu yang baru, tubuh kita membutuhkan penyesuaian diri dengan lingkungan dan mempertahankan ritme biologis sebelumnya selama beberapa hari. Penyesuaian tubuh tersebut memakan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini bergantung pada seberapa matang persiapan orang tersebut dalam melakukan perjalanan.

Hal tersebut benar-benar penting untuk diperhatikan karena dapat mengakibatkan gejala-gejala jet lag yang mengganggu. Mirror.co.uk. menyatakan bahwa terdapat beberapa gejala-gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami jet lag. Mulai dari merasa mengantuk sepanjang hari tetapi susah tidur di malam harinya, kurangnya konsentrasi dan motivasi, penurunan peforma fisik dan mental, mudah marah, sakit kepala, kehilangan nafsu makan hingga sembelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Asyik Traveling Tanpa Jet lag!

1. Siapkan diri Anda

Masa pra-perjalanan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam mengatasi jet lag. Tidur yang cukup, makan makanan bergizi, menghindari kafein dan berolahraga secara teratur merupakan persiapan diri yang baik untuk dilakukan.

2. Tetap aktif

Ketika berada di dalam pesawat, lakukan peregangan dan bergeraklah ke arah sekitar secara teratur. Hal ini membantu meningkatkan aliran peredaran darah dan mencegah anda merasa lesu.

 

3 dari 3 halaman

Cara Asyik Traveling Tanpa Jet lag!

3. Jaga hidrasi tubuh

Anda harus memastikan untuk selalu terhidrasi, baik sebelum, selama maupun sesudah perjalanan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dapat membawa botol air mineral ke dalam pesawat.

4. Istirahat

Gunakan ekstrak lavender atau minyak eucalyptus untuk membantu anda beristirahat. Gunakan juga penutup mata dan telinga demi memperoleh manfaat istirahat secara maksimal.

5. Jangan melihat jam

Atur jam Anda sesuai dengan waktu setempat sesegera mungkin dan jangan mengira-ngira waktu yang ada di daerah Anda sebelumnya. Hal ini hanya akan membuat Anda merasa buruk.

(kikinovilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.