Sukses

Sail Indonesia Moyo Tambora Bakal Digelar, Ada Keseruan Apa Saja?

Diikuti 42 negara di dunia, Sail Motam diharapkan mampu mendorong investasi dan menjadi sarana promosi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Liputan6.com, Jakarta Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018 akan digelar di Pulau Sumbawa 9-23 September 2018. Diikuti 42 negara di dunia, Sail Motam diharapkan mampu mendorong investasi dan menjadi sarana promosi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut setidaknya diungkapkan M Amin, Wakil Gubernur NTB, saat peluncuran Sail Motam di Jakarta akhir pekan kemarin.

“Kita harapkan event ini menjadi pendorong invetasi dalam upaya meningkatkan perekonomian NTB. Investasi yang masuk ke NTB masih kurang  dari 5 persen dari total investasi nasional yang tahun lalu sebesar Rp 650 triliun,” kata M Amin.

NTB sendiri tahun ini menargetkan 4 juta wisatawan dan 2 juta di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Masuknya investasi, kata M Amin lebih lanjut, akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah NTB tahun lalu mencapai 7,1 persen atau di atas pertumbuhan nasional. Dampaknya, dapat menurunkan angka kemiskinan hingga 2 persen dan diharapkan dalam lima tahun ke depan tinggal 1 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promosi Pariwisata NTB

Seskemenko Maritim Agus Purwoto mengapresiasi NTB yang konsisten berusaha merealisasikan penyelenggaraan event Sail Motam. “Konsistensi dan kegigihan NTB tersebut berbuah dengan terealisasinya even sail internasional Moyo Tambora 2018 ini,” kata Agus Purwoto.

Konsistensi dalam mempromosikan pariwisata NTB, juga diakui oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, “Untuk mensukseskan Sail Motam 2018 dijalankan strategi promosi yang lengkap yaitu saat pre-event, on-event, dan post-event (POP),” kata Dadang Rizki Ratman.

Untuk pre-event digelar kegiatan event  Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018  berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 16 September 2018. Untuk on-event, Sail Motam 2018 berlangsung pada 9 hingga 23 September 2018. Even ini kemudian dilanjutkan dengan post-event yaitu Festival Pesona Moyo yang akan berlangsung pada 10 September hingga 8 Oktober 2018.

 

3 dari 3 halaman

Discover Samota

Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 diselenggarakan bersama oleh Pemkab Sumbawa dan Pemprov NTB bekerjasama dengan Kemenko Maritim dan Kemenpar. Event ini merupakan upaya mempromosikan potensi wisata bahari NTB khususnya Pulau Satonda, Pulau Moyo, dan Tambora atau Samota di Kabupaten Sumbawa ke kancah internasional, sebagaimana tema yang diangkat dari Sai Indonesia Moyo Tamboran 2018  yakni ‘Discover Samota’. 

Sementara itu untuk mensukseskan even Sail Motam 2018 akan digelar rangkaian acara, antara lain Tambora Vulcano Tour, International Yacht Rally, Culture Performance Moyo Tambora, City Parade, Expo Maritim, Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program, Dialog Budaya Maritim, Investment Forum, Seminar  Internasional Asia Pasifik Geopark Network, Barapan Kebo & Pacuan Kuda, International Paragliding Competition, hingga pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat setempat.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.