Sukses

11 Cara Menghaluskan Wajah dan Membuatnya Bersinar Sekaligus

Begini caranya untuk miliki wajah halus bersinar dengan cara alami

Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang halus bersinar? Tak hanya wanita, pria pun pasti menginginkannya. Wajah halus memang tidak dimiliki oleh semua orang. Ada yang karena sering terkena polusi dan debu mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas dan kasar. Ada pula yang karena memiliki bekas jerawat, bopeng bekas cacar, atau bekas luka sehingga tampilan kulit wajah jadi tidak mulus.

Demi memiliki kulit yang halus dan mulus banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk merawat wajahnya. Padahal banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa Anda manfaatkan untuk menghaluskan wajah. Dirangkum oleh Liputan6.com (11/7) berikut adalah beberapa contohnya.

Cara menghaluskan wajah

1. Scrub kopi dan gula

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering hingga mengelupas atau bersisik, Anda bisa menggunakan kopi dan gula sebagai scrub cara menghaluskan wajah secara alami. Kopi memang lumrah digunakan sebagai minuman begitu juga gula sebagai perasa. Namun, gabungan kedua bahan ini dapat digunakan sebagai scrub agar kulit mati pada kulit wajah terangkat sehingga wajah menjadi halus dan mulus. Caranya adalah dengan membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir. Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

2. Scrub tomat dan kopi

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopene yang ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, tidak berminyak, dan menghaluskan wajah. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Masker tepung beras

Tepung beras memiliki kandungan yang hampir sama dengan beras asli. Kandungan tepung beras antara lain karbohidrat, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin C. Kelima kandungan bahan alami inilah yang berguna untuk menghaluskan wajah, menyerap minyak, menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, dan mengencangkan kulit wajah.

Cara menggunakan tepung beras untuk menghaluskan wajah yang bopeng atau wajah bekas jerawat mudah saja. Larutkan tepung beras hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit atau hingga masker tepung beras mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Masker putih telur, jeruk nipis, dan madu

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Sedangkan jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C yang akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Lalu madu berguna sebagai pelembap alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi halus dan mulus.

Untuk membuat maske ini campur putih telur, jeruk nipis, dan madu. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

5. Masker lemon dan madu

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Dengan mencampur 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

6. Masker kulit jeruk dan lemon

Tidak hanya air perasannya saja yang berguna sebagai cara menghaluskan wajah, kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menghaluskan wajah secara alami berikutnya. Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Untuk mendapatkan kulit yang halus bebas noda dengan menggunakan kulit jeruk, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3 dari 4 halaman

7. Masker avokad dan madu

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan juga halus.

8. Masker pepaya dan minyak zaitun

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya juga bisa berguna menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Lalu, kandungan zat linoleic acid yang ada dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga mampu mencegah keriput dan membuat kulit tetap halus.

9. Masker pisang dan yogurt

Pisang kaya akan vitamin C yang tentu saja efektif untuk menghaluskan wajah secara alami. Bersama dengan yogurt yang mengandung kalsium dan zinc, maka kedua campuran bahan alami ini berguna untuk menghaluskan wajah secara alami. Haluskan 1 buah pisang kemudian tambahkan 2 sdm yogurt. Campur hingga merata lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

4 dari 4 halaman

10. Masker mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam Anda, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan diparut lalu aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

11. Gel lidah buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, gel lidah buaya juga berguna untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Caranya pun mudah saja yakni dengan mengoleskan gel dari lidah buaya secara merata ke wajah.

12. Pasta gigi

Kebanyakan pasta gigi mengandung fluoride dan mineral yang dapat dipakai sebagai salah satu cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah. Namun Anda disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang terbuat dari bahan herbal sehingga lebih aman di kulit.

Kulit wajah yang halus dan bebas noda bukanlah hal mustahil untuk didapatkan, apalagi jika Anda menjalankan perawatan di atas secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.