Benarkah Orang yang Mengenakan kacamata Lebih Cerdas?

Oleh Latifah Gusri pada 15 Jul 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 17 Jul 2018, 18:13 WIB
Kacamata baca (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda seringkali mendengar anggapan dari banyak orang jika orang-oraang yang mengenakan kacamata lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan. Namun apakah gagasan tersebut benar?

Dilansir dari Independent, Minggu (15/07/18),  ternyata kiasan umum yang tertanam dalam masyarakat bahwa orang yang mengenakan kacamata lebih cerdas ada benarnya lho.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang baru-baru ini dilakukan di University of Edinburgh. Menurut para peneliti, ternyata ada korelasi positif antara penglihatan yang buruk dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi pada seseorang.

Dari sampel DNA, kuisioner  dan sejumlah tes lain yang dilakukan pada 300.486 orang yang berusia antara 16 hingga 102 tahun, ternyata ditemukan bahwa sekitar 30 persen peserta yang cerdas adalah mereka yang menggunakan kacamata.

 

 

2 of 2

Kecerdasan dan Kacamata

Tidak Disangka, 5 Kebiasaan Buruk Ternyata Tanda dari Orang Cerdas
Ternyata, beberapa kebiasaan buruk di bawah ini adalah tanda dari orang cerdas, penasaran? (iStockphoto)​

Tidak hanya itu, selain cenderung menggunakan kacamata, orang-orang cerdas juga memiliki penurunan risiko terhadap berbagai macam penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, kanker dan kesehatan mental.

Hanya saja menurut Dr Gail Davies selaku pemimpin  penelitian tersebut mengungkapkan bahwa perlu analisis lebih lanjut dan terperinci lagi karena penelitian yang dilakukan saat ini hanya melibatkan orang-orang Eropa.

Hal ini berarti mereka tidak dapat mengeksplorasi kecerdasan seseorang dengan latar belakang genetik yang berbeda sehingga asumsi terhadap mereka yang berkacamata bisa dikatakan benar-benar valid.

*(Latifah Gusri)

Lanjutkan Membaca ↓