Sukses

Patut Dikunjungi, Ini Dia 4 Area Diving di Okinawa Jepang

Gugusan yang terdiri dari sekitar 180 pulau kecil di selatan Jepang ini secara geografis terletak di sepanjang garis lintang yang sama dengan Hawaii.

Liputan6.com, Jakarta Okinawa sejak lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari terbaik di dunia. Gugusan yang terdiri dari sekitar 180 pulau kecil di selatan Jepang ini secara geografis terletak di sepanjang garis lintang yang sama dengan Hawaii. Tak heran jika banyak wisatawan dunia menjuluki Okinawa sebagai Hawaiinya Jepang. Bahkan kawasan ini punya iklim sub-tropis yang tetap hangat meski Jepang dilanda musim dingin.

Meski dikaruniai seni dan budaya yang masih lestari hingga saat ini dan menjadi hiburan bagi wisatawan yang datang, namun atraksi wisata utama di Okinawa adalah laut. Penyelam dunia telah mengakui, beberapa spot menyelam di Okinawa memang sangat indah, mulai dari The Blue Cave hingga Kerama Soto National Park.

Berikut beberapa spot diving di Okinawa Jepang yang jadi rekomendasi Okinawa Convention and Visitors Bureau (OCVB), seperti yang disusun tim Travel Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Kerama Soto National Park

Bawah laut Kerama merupakan pemandangan bawah laut yang tak tertandingi di dunia. Tempat yang memiliki segala macam yang dibutuhkan penyelam, mulai dari topografi, bentukan karang, jenis ikan, dan tembusan cahaya ke dalam dasar laut ini telah menarik banyak penyelam dunia untuk datang. Setidaknya ada 9 spot diving yang menjadi rekomendasri OCVB di Kerama Soto National Park, antara lain North of Cuba, Urunosachi, Ijakaja, Undersea Desert, Uminchu, Kamigusuku, Paraiso, Gina, dan Hanari Island.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Okinawa Main Island

Naha City menjadi pintu gerbang bagi pariwisata Okinawa. Kota yang berada di pulau utama Okinawa ini juga menjadi salah satu tempat terbaik bagi para divers untuk menemukan keindahan bawah laut yang menawan. Kawasan ini juga sekaligus menjadi tempat menyelam terbsar di sepanjang pantai barat Okinawa, yang dilengkapi dengan pulau-pulau kecil dengan topografi keindahan bawah laut yang eksotis. Kawasan ini menurut OCVB menjadi tempat menyelam yang cocok dan direkomendasikan bagi para pemula.

Setidaknya ada 11 titik penyelalam yang direkomendasikan oleh OCVB bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau utama Okinawa, antara lain Cape Maeda, Sunabe No 1, Manza Dream Hole, Komaka Island, Chibishi Island, Aguni Island, Tonbara, Kume Island, Minna Island Cable, Cape Kyan Underlight, dan Sesoko Island Labyrinth.

Di antara 11 titik tersebut, yang paling menarik adalah Komaka Island. Pulau kecil tak berpenghuni ini bawah lautnya punya kedalaman sekitar 800 meter. Pulau kecil yang berada di Samudera Pasific ini memiliki banyak ikan topis yang berwarna cerah yang berenang hingga ke tepian pantai. Tanpa menyelam, tiap orang sudah bisa menyaksikan ikan-ikan ini berenang. Di pulau kecil ini, wisatawan bisa snorkeling dan diving, atau sekadar berenang di pinggir pantai.

 

3 dari 4 halaman

Miyako Area

Miyako Area berada jauh di selatan pulau utama Okinawa atau berjarak sekitar 290 kilometer. Meski demikian gugusan pulau ini dapat mudah dicapai dari Naha City, mengingat Miyako Island telah memiliki bandar udara. Jika dibandingkan dengan kebanyakan spot diving di kawasan Okinawa yang lain, Miyako Area  punya topografi bawah laut yang berbeda. Bawah laut Miyako Area sangat cocok bagi mereka yang suka petualangan. Gua-gua bawah laut yang terbentuk dari terumbu karang ini menjadi pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain.

Kawasan ini punya 9 spot diving yang direkomendasikan langsung oleh OCVB, antara lain Cape Shiratorizaki, Demon King’s Palace, Kijaka Paradise, Ichinose Hole, Rock Beauty, W Arch, Mini Toriike, Babenoya, dan Antoni gaudi.

 

4 dari 4 halaman

Yaeyama Area

Berlokasi jauh ke arah selatan pulau utama Okinawa, Yaeyama Area menjadi tempat menyelam impian banyak orang di dunia. Meski jauh dari ibukota Naha City, atau sekitar 410 kilometer, namun pulau ini sangat mudah diakses menggunakan pesawat terbang yang bisa mendarat di Ishigaki Airport.

Yaeyama Area memiliki banyak pulau indah, mulai dari Taketomi Island, Iriomote Island, Yonaguni Island, hingga pulau Ishigaki sendiri. Di area ini pencinta divening bisa menikmati keindahan bawah laut yang penuh kehidupan. Topografi bawah laut yang dinamis dilengkapi dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang jadi pemandangan yang bisa dilihat para penyelam. Menurut OCVB ada beberapa titik selam yang menjadi rekomendasi, antara lain Kabira Ishigaki Manta Scramble, Baras Island, Nishihama Beach, Panari Dragon King Reef, Sakieda Big Arch, Yonehara, Takana Drop, Irizaki, North of Hatoma Island, dan Taketomi North.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.