Sukses

Jaga Tekanan Darah Tetap Stabil dengan Berpelukan

Apalagi bagi penderita hipertensi karena pelukan bisa menurunkan tekanan darah dan membuatnya stabil kembali

Liputan6.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda dipeluk atau memeluk? Kebiasaan berpelukan ternyata bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Apalagi bagi penderita hipertensi karena pelukan bisa menurunkan tekanan darah.

Seperti dilansir dari Thelist.com, penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychology, menemukan bahwa tekanan darah wanita menurun setelah dipeluk pasangannya. Penelitian dilakukan pada 59 premenopause wanita yang dipeluk pasangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Dipeluk Pasangan

Hasilnya, setelah dipeluk pasangan, hormon oksitosin dilepaskan dari otak sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika hipertensi terjadi, pembuluh darah arteri akan mengeras sehingga aliran darah akan menurun, ketika tidak ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung, maka hal itu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

3 dari 3 halaman

Makin Sering Mesra dan Manja

Itulah mengapa, ada baiknya jika kamu lebih sering berpelukan dan bermanja-manja ria dengan pasangan, karena ternyata hal ini bisa menurunkan tekanan darahmu.

Penulis:Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini