Sukses

Benarkah Gosip Menjadi Hal Baik untuk Anda?

Ternyata, bergosip bisa menjadi hal baik bagi Anda. Apa saja? Simak selengkapnya di sini

Liputan6.com, Jakarta Gosip kerap kali diidentikkan dengan hal yang negatif. Melalui gosip, hubungan Anda dengan sahabat bisa menjadi rusak. Meski hampir memiliki dampak negatif, nyatanya banyak orang yang cukup tertarik dengan hadirnya gosip. Hal ini tidak hanya terjadi pada kaum wanita, pria pun juga mengalami hal serupa.

Bergosip memang kental dengan kesan yang negatif. Namun tahukah Anda jika gosip ternyata juga memiliki sisi positif bagi kehidupan Anda. Seperti dikutip dari Purewow pada Rabu (4/7/2018) berikut hal baik yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bergosip.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Membantu menjalin ikatan dengan orang lain

Para peneliti di University of Texas dan University of Oklahoma menemukan bahwa jika dua orang berbagai perasaan negatif tentang orang ketiga, mereka cenderung merasa lebih dekat satu sama lain. Ikatan ini akan lebih kuat terjalin daripada mereka merasa positif tentang dirinya.

2. Membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri

Ketika mendengar gosip, tentu Anda akan mendengar hal negatif yang menjadi kemunduran orang lain. Dengan begitu, secara psikologis Anda akan merasa lebih baik dan lebih nyaman. Anda tahu bahwa seseorang mengalami hal yang lebih buruk dari Anda.

3 dari 3 halaman

3. Membuat Anda menjadi teman yang lebih baik

Mengutip dari studi Stanford/UC Berkeley, begitu seseorang dikucilkan dari kelompok karena dianggap egois, mereka akan mereformasi cara mereka memperlakukan orang lain. Karena tidak ingin orang lain diperlakukan demikian, maka Anda secara naluriah akan memperlakukan orang lain lebih baik.

4. Melindungi diri sendiri

Dengan ikut bergosip, Anda jadi tahu mana teman yang benar-benar baik dan mana yang tidak. Ini bisa menjadi langkah awal untuk antisipasi diri. Sehingga Anda tidak sembarang menceritakan hal yang sangat privasi dengan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.