Sukses

Ada 30 Juta Pergerakan Wisatawan Nusantara Selama Mudik dan Libur Lebaran

Selama mudik dan libur Lebaran 2018 terjadi pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 30 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta Selama mudik dan libur Lebaran 2018 terjadi pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 30 juta orang. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara halalbihalal Kementerian Pariwisata, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Total 30 juta wisnus secara umum alhamdulillah berjalan lancar, dan semua itu kita skenariokan,” ucap Arief Yahya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergerakan Wisnus Turun Selama Ramadan

Arief Yahya menjelaskan, untuk mengoptimalkan wisnus dalam menikmati wisata selama libur Lebaran 2018, Kemenpar gencar mempromosikan destinasi dan daya tarik wisata di masing-masing daerah agar menarik serta mudah dikunjungi wisatawan.

”Kita pilih 10 destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, juga 10 event wisata, serta 10 kuliner daerah terbaik dan kita lombakan. Semua upaya ini mendapat sambutan positif wisatawan,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya mengatakan, selama Ramadan pergerakan wisnus di Tanah Air turun hingga 50 persen. 

“Rata-rata pergerakan wisnus per bulan 20 juta, di Ramadan turun menjadi 10 juta, tapi tertutupi ketika memasuki liburan Lebaran atau Idul Fitri, karena jumlah pemudik mencapai 20 juta. Sehingga pada periode Ramadan-Lebaran terjadi pergerakan 30 juta wisnus,” kata Menpar Arief Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.