Kisah Amalia Usmaianti, Dokter Cantik yang Bertugas di Pedalaman Papua

Oleh Liputan6.com pada 21 Jun 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 23 Jun 2018, 11:13 WIB
Amalia Usmaianti

Liputan6.com, Jakarta Amalia Usmaianti, dokter muda berusia 28 tahun yang bertugas di pedalaman Boven Digoel, Papua, mendadak ramai dibicarakan banyak orang di media sosial.

Dokter muda ini menjadi viral lantaran membagikan kisahnya saat bertugas di pedalaman Papua lewat akun Facebook miliknya. Melalui Facebook, Amalia menceritakan perjuangannya selama bertugas. Salah satunya adalah jarak belasan kilometer yang harus ditempuh untuk menangani warga yang membutuhkan pertolongan medis.

 

2 of 2

Program Nusantara Sehat

Amalia Usmaianti
Foto: Facebook Amalia Usmaianti

Lulusan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu rupanya tengah mengikuti program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan. ia pun ditugaskan selama 2 tahun di Puskesmas Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Amalia bersama enam orang lainnya mulai bertugas di pedalaman Papua sejak Mei 2017. Dalam tim tersebut, Amalia sebagai dokter umum dan enam rekan lainnya adalah perawat, bidan, ahli kesehatan lingkungan, ahli gizi, analisis kesehatan, dan apoteker. 

Tugas yang diampu Amalia sendiri merupakan program Nusantara Sehat yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan. Untuk bisa mengikuti program ini para dokter muda perlu mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan.

 

Sumber: Brilio.net

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓