Sukses

Bersihkan Karpet Kotor Usai Lebaran dalam Sekejap

Usai Lebaran, mungkin Anda perlu membersihkan karpet. Bagaimana cara praktisnya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perabot yang sangat perlu dibersihkan usai Lebaran adalah karpet. Benda ini mungkin paling kotor di rumah setelah anggota keluarga, duduk, makan, dan minum di atasnya.

Bisa saja ada makanan terjatuh atau kaki yang kotor di sana. Karpet juga cenderung lebih mudah untuk menyimpan debu karena teksturnya yang berbulu.

Karpet yang kotor tentu tidak sedap dipandang. Bukan hanya estetika, tetapi ada ancaman kesehatan yang dapat hadir dari karpet. Sebab, karpet bisa menjadi tempat tinggal bakteri dan binatang-binatang kecil lainnya. Berikut cara tepat membersihkannya setelah Lebaran.

1. Karpet basah

Karpet bisa saja basah karena kejatuhan minuman. Jangan pernah membiarkannya kering sendiri di atas lantai. Sebab, ini akan memicu rusaknya lantai dan karpet itu sendiri. Jika karpet basah, segeralah jemur tak langsung di bawah sinar matahari atau diangin-anginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Karpet Kotor Usai Lebaran dalam Sekejap

2. Karpet terkena noda

Jika noda merupakan makanan atau minuman yang masih basah, segeralah gunakan handuk kering yang terbuat dari 100 persen katun untuk menyerapnya. Ingat, semakin cepat noda diserap, semakin besar kemungkinannya untuk hilang. Lakukan gerakan menekan, bukan menyeka dengan gerakan vertikal atau memutar. Sebab, ini akan merusak tekstur dari karpet.

 

3 dari 3 halaman

Bersihkan Karpet Kotor Usai Lebaran dalam Sekejap

3. Bila noda membandel

Lumpur dan noda ringan mungkin dapat dihilangkan dengan menyerapnya menggunakan handuk atau menyedotnya dengan vacuum cleaner. Namun, noda yang lebih rumit harus diselesaikan dengan bantuan bahan kimia. Misalnya asam ringan atau detergen lembut yang dapat menghilangkan noda yang didapat saat Lebaran, tanpa merusak warna karpet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.