Sukses

Nagashi Somen, Nikmatnya Mi yang Meluncur dari Bilah Bambu

Nagashi-somen atau berarti mi yang mengalir ini merupakan tradisi musim panas di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan banyak kreasi menu mi, baik dalam cara penyajian maupun olahannya. Yang terbaru dan viral adalah olahan mi dalam bentuk donat dan onigiri. Nah, kalau dari Jepang ini, ada sisi unik dalam cara penyajian mi.

Sebuah restoran di Kyoto, Jepang, yakni Hirobun memberikan pengalaman berbeda bagi penikmat mi. Kalau berkunjung ke restoran yang punya nuansa asri bahkan ada air terjun mini ini, kamu bisa mencoba makan mi yang meluncur di atas bilah bambu.

Bukan sembarang makan mi di atas bilah bambu. Makan nagashi-somen atau berarti mi yang mengalir ini merupakan tradisi musim panas di Jepang. Tak heran bila bukan hanya Hirobun yang menyajikan nagashi-somen, melainkan juga restoran-restoran lain di Jepang. Tradisi ini biasanya berlangsung sekitar akhir April dan awal Mei setiap tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi Turun-Temurun

Disebut tradisi karena pada masa lalu, keluarga di Jepang akan membelah batang bambu, mencucinya, lalu memasang memanjang seperti seluncuran air mengalir guna menikmati nagashi-somen.

Mi putih yang bentuknya super tipis diletakkan di air dingin lalu meluncur di cekungan bilah bambu, dari tempat yang lebih tinggi menuju ke bawah. Saat mi yang terbuat dari gandum tersebut tepat di depanmu, kamu harus sigap mengambilnya dengan sumpit.

Nagashi-somen ini dimakan dalam keadaan dingin. Setelah mengambilnya dari bilah bambu, kamu perlu mencampurnya dengan saus yang ada di mangkuk supaya lebih nikmat. 

Sumber: brilio.net

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.