Sukses

Resep Praktis dan Istimewa Ketupat Lebaran

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sajian menu ketupat Lebaran wajib untuk disantap. Ini resep praktisnya.

Jakarta Usai menjalankan ibadan puasa di bulan ramadan, umat muslim di seluru dunia akan merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Kalau tak ada perubahan, Lebaran di tahun ini akan jatuh pada 15 Juni 2018.

Salah satu tradisi yang lekat dengan Lebaran adalah bersilaturahmi dengan keluarga sambil menyantap menu ketupat. Hampir semua orang pasti menyantap ketupat di hari pertama Lebaran, ada yang memasak sendiri di rumah, dibuatkan orang lain, atau mungkin pergi ke restoran atau tempat tertentu.

Salah satu restoran yang menyediakan menu spesial ketupat di antaranya adalah Bogor Cafe di hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Selama bulan puasa, mereka menyajikan buffet beragam menu untuk sahur dan berbuka. Khusus di bulan Juni ini juga, Bogor Cafe menyediakan Betawi Buffet dalam rangka memperingati ulang tahun kota Jakarta ke-491 di tanggal 22 Juni.

Beragam menu khas Betawi bisa kita jumpai di bufet spesial ini, seperti gado-gado, asinan dan nasi uduk. Sedangkan untuk menyambut hari raya Idul Fitri, Hotel Borobudur menyediakan ketupat dengan tiga menu spesial yaitu Opor Ayam, Semur Daging dan Sayur Labu Siem.

Selain bisa menyantapnya di Bogor Cafe di tanggal 15 dan 16 Juni 2018, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Kali ini Chef Supandi dari hotel Borobudur akan mengungkapan resep tiga menu spesial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Opor Ayam dan Semur Daging

Opor Ayam

Bahan-bahan:

Ayam (sekitar 1 kilogram), bawang putih, ketumbar, sereh, lengkuas, 2 lembar daun jeruk. 2 lembar daun salam, santan, air, minyak goreng, garam, lada dan gula secukupnya.

Cara membuat:

1. Masak bawang putih bersama ketumbar, sereh dan lengkuas, lalu masukkan daging ayam.

2. Tambahkan air’lalu tunggu sampai mendidih. Masukkan daun jeruk dan daun salam. Terakhir masukkan santan dan masak sampai empuk.

3. Masukkan garam, lada dan gula merah buat penyedap. Setelah matang, Opor Ayam siap disajikan.

Semur Daging

Bahan-bahan:

Daging sapi (sekitar 1 kilogram), bawang putih, lengkuas, bawang merah, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 200 ml air gula merah, cengkeh, biji pala secukupnya, kecap manis, kentang (sesuai selera).

Cara membuat:

1. Bawang putih, lengkuas, bawang merah dihaluskan lalu masak sampai harum.

2. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, lalu masukkan daging sapi dan kentang. Masak sampai harum, lalu masukkan 200 ml air, gula merah, cengkeh dan biji pala.

3. Tunggu sampai 15 menit, lalu masukkan kecap manis dan kentang yang sudah matang biar lebih berwarna. Tambahkan bawang goreng agar aromanya lebih terasa.

3 dari 3 halaman

Sayur Labu Siem

Sayur Labu Siem

Bahan-bahan:

½ kg labu siem, bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, cabai merah, cabai rawit, 100 gram tempe (dipotong dadu), kacang panjang secukupnya, santan, garam, lada,100 ml minyak goreng, 300 ml air.

Cara membuat:

1. Panaskan minyak goreng 100 ml untuk menumis bawang putih, bawang merah. Lalu masukkan kemiri dan lengkuas, masak sampai harum.

2. Setelah itu masukkan daun jeruk dan salam. Masukkan cabai yang sudah digiling (cabai merah dan rawit), labu siem, tempe dan kacang panjang, tunggu smapai bumbu meresap.

3. Setelah harum, masukkan 300 ml air, tunggu sampai mendidih lalu masukkan santan. Tambahkan garam, lada dan gula secukupnya. Setelah itu taburkan bawang goreng, tunggu 15 menit sampai semuanya matang, lalu sajikan.

Ketupat lebaran spesial hotel Borobudur Jakarta siap dinikmati dengan opor ayam, semur daging dan sayur labu siem. 

Penulis: Henry

Sumber: Bintang.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.