Sukses

Edamame, Camilan Sehat Seimbangkan Masakan Lebaran

Edamame dapat menyeimbangkan pemasukan serat dari hidangan Lebaran yang umumnya banyak lemak.

Liputan6.com, Jakarta Maklum adanya jika hidangan lebaran penuh dengan masakan berlemak, seperti ketupat sayur, opor ayam, rendang, hingga sambel goreng ati. Untuk menyeimbangkan asupan, Anda perlu camilan sehat sarat serat.

Salah satu camilan sehat itu adalah edamame rebus. Selain sehat, bahan makanan yang juga dikenal dengan istilah kedelai Jepang ini memang memiliki rasa yang banyak disukai.

Rasanya yang cenderung manis tetapi ada campuran garam yang asin membuat makanan ini terasa sangat gurih. Edamame pun menjadi cemilan favorit banyak orang. Tak hanya enak, edamame juga sangat bergizi. Super food yang satu ini kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Edamame dapat memberikan 9 asam amino esensial bagi tubuh.

Dengan manfaat sebanyak ini, akan sangat baik bila Anda dapat memakannya sesering yang Anda mau. Maka, membuat sendiri pun akan lebih praktis, bukan? Yuk, pelajari cara memasak camilan sehat edamame seperti di restoran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edamame, Camilan Sehat Seimbangkan Masakan Lebaran

Pertama, Anda perlu menyiapkan bahan, yakni edamame segar atau beku, dan garam. Tentu saja bahannya sangat sederhana sebab edamame biasanya hanya direbus saja.

Langkah memasak:

1. Masak air yang sudah dicampur garam sebelumnya. Namun, ini tergantung kebutuhan Anda. Tanpa garam pun edamame sudah terasa gurih.

2. Setelah air mendidih, masukkan edamame hingga terendam seluruh bagiannya.

 

3 dari 3 halaman

Edamame, Camilan Sehat Seimbangkan Masakan Lebaran

3. Ukur waktu rebus. Untuk edamame beku, dibutuhkan waktu rebus 4-5 menit. Untuk edamame segar dibutuhkan waktu 5-6 menit. Edamame muda membutuhkan waktu 3 menit. Anda perlu mengeceknya agak edamame tidak terlalu lembek.

4. Tiriskan dan sajikan. Anda bisa juga menambahkan garam lagi, jika diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.