Sukses

9 Bahan Makanan yang Seharusnya Tidak Disimpan di Kulkas

Perhatikan setiap makanan yang akan disimpan dalam kulkas. Jangan simpan 9 bahan makanan ini dalam kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Kulkas atau lemari es menjadi teknologi solutif untuk membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Teknologi yang tersimpan di dalam kulkas mampu membuat bakteri pada makanan pingsan sejenak sehingga membuatnya tahan lama.

Ingin semua bahan makanan lebih tahan lama, lantas membuat Anda memasukkan semua hal ke dalam kulkas. Padahal, tidak semua makanan harus disimpan di dalam kulkas. Karena bisa merusak tekstur, rasa, dan pastinya akan memenuhi ruang pada kulkas. Dilansir dari Purewow pada Jumat (15/6/2018) Anda tidak seharusnya menyimpan sembilan bahan makanana ini di dalam kulkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mentega

Mentega memang mengandung susu yang seharusnya disimpan di dalam kulkas. Di dalam kulkas, memang akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkontaminasi dengan udara. Namun sebenarnya mentega tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Cukup diletakkan di dalam kedap udara dengan suhu dapur tetap berada di bawah 21 derajat Celcius.

2. Melon

Melon yang belum dipotong tentu akan memiliki kulit yang kasar. Melon seharusnya tetap berada di suhu ruangan hingga benar-benar matang dan manis. Dengan diletakkan di lemari es, melon tidak akan kunjung matang dan tidak akan manis.

3. Tomat

Sama seperti melon, tomat lebih baik di simpan pada suhu kamar. Jika Anda khawatir tomat menjadi lunak, Anda bisa mendinginkannya. Namun lebih baik gunakan tomat segera agar kandungannya tidak rusak.

 

3 dari 4 halaman

4. Kentang

Pendinginan akan membuat pati dalam kentang berubah menjadi gula. Yang berarti teksturnya akan menjadi kasar dan rasanya menjadi manis. Sebaiknya, simpan di dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga tekstur kentang.

5. Bawang merah

Jangan pernah simpan bawang merah di dalam kulkas. Di dalam kulkas, bawang merah tentu menjadi lebih lembap dan lembek. Hal ini akan membuat bagian bawah rak Anda menjadi kotor dan berair.

6. Roti

Roti biasanya hanya bertahan tiga hingga empat hari. Untuk memperpanjang usia roti agar tidak berjamur, Anda memang bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun jangan terlalu lama. Simpan makanan maksimal satu minggu di dalam kotak roti.

 

4 dari 4 halaman

7. Madu

Menyimpan madu dalam kulkas akan membuatnya menjadi kristal. Jika sudah terbentuk menjadi kristal akan menjadi lebih sulit untuk dikonsumsi dan rasanya akan berubah.

8. Kopi

Kopi dikenal sebagai bahan yang mampu menyerap bau. Untuk itu jangan letakkan kopi di dalam kulkas karena akan menyerap bau dalam kulkas. Kecuali jika Anda memang menggunakan kopi untuk membersihkan bau dalam kulkas. Simpan kopi dalam toples kecil di dapur.

9. Basil

Tidak seperti sayuran lainnya, basil pada suhu dingin akan menyerap bau makanan lainnya. Sebaliknya, jika diletakkan di meja dalam cangkir air, basil akan tumbuh menjadi tanaman yang segar seperti bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.