Sukses

26 Cara Menebalkan Alis dengan Cepat dan Tetap Terlihat Natural

Alis yang tebal dan natural sedang jadi tren belakangan ini. Intip cara berikut untuk menebalkan alis secara alami.

Jakarta Sama seperti tren di dunia fesyen, dunia kecantikan juga memiliki tren sendiri. Salah satunya adalah bentuk alis. Ada masa alis tipis dan menukik jadi simbol kecantikan, ada masa pula saat alis tebal jadi primadona.

Berbicara tentang alis tebal yang saat ini menjadi tren, mereka si pemilik alis tipis pun tertarik untuk menebalkan alis dengan cara menggambarnya menggunakan pensil alis hingga sulam. Untuk melakukan sulam alis, tentu ada sederetan bahan kimia yang dilibatkan. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tentu bisa mengundang bahaya.

Daripada Anda harus bertaruh menggunakan produk kecantikan yang memiliki efek samping, mengapa tidak coba yang alami. Menggunakan cara alami memang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan produk kecantikan. Namun meski begitu, cara menebalkan alis secara alami tidak mempunyai efek samping. Simak caranya di bawah ini seperti yang dirangkum Liputan6.com (12/6).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Cara menebalkan alis secara alami dengan menggunakan minyak

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan E. Vitamin A merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia. Oleskan saja minyak zaitun sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

2. Minyak kemiri

Asam linolenic (asam lemak omega-3) yang terkandung dalam minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda. Minyak kemiri memang sudah sejak lama digunakan dan dipercaya sebagai cara untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, dan menguatkannya. Oleskan minyak kemiri pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

3. Minyak almond

Kandungan magnesium yang kaya membuat minyak almond cocok sebagai cara menebalkan alis yang efektif. Magnesium berfungsi sebagai penyubur dan menjaga kesehatan rambut Anda. Oleskan minyak almond pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

4. Minyak jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menebalkan alis secara alami selanjutnya. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut. Minyak kelapa mengandung protein yang tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari hal-hal yang dapat membuat rambut rusak. Oleskan minyak kelapa pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

6. Minyak jojoba

Minyak jojoba berfungsi sebagai bahan alami untuk menjaga kelembapan rambut Anda. Minyak ini akan membentuk lapisan lilin yang tipis pada setiap helai rambut, sehingga dapat melindungi dari sinar matahari. Dengan demikian rambut pada alis dapat tumbuh dengan alami dan cepat. Oleskan minyak jojoba pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

 

3 dari 10 halaman

7. Minyak esensial rosemary

Rosemary dipercaya untuk merangsang pertumbuhan rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak rosemary bertugas untuk merangsang folikel yang membuat rambut tumbuh panjang dan lebat serta mencegah kerontokan pada alis Anda. Oleskan minyak esensial rosemary pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

8. Minyak biji wijen

Sama seperti minyak lainnya, minyak wijen juga dapat merangsang pertumbuhan folikel agar rambut alis dapat tumbuh dengan cepat dan juga minyak wijen berguna untuk melindungi alis Anda dari paparan sinar UV. Oleskan minyak wijen pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

9. Minyak biji rami

Minyak rami mengandung omega 3 dan asam lemak linoleat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut pada alis Anda. Oleskan minyak biji rami sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

10. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh, sesuai dengan namanya merupakan minyak yang diperoleh dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut alis Anda sehingga Anda dapat memiliki alis yang tebal. Oleskan minyak pohon teh pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

11. Minyak fenugreek

Anda mungkin masih asing dengan nama fenugreek. Tanaman yang berasal dari Yunani ini memang kurang populer di Indonesia. Namun meskipun tidak populer, fenugreek mempunyai banyak khasiat yang baik bagi tubuh Anda. Fenugreek berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut Anda. Maka dari itu dengan menggunakan minyak fenugreek ini, Anda dapat memiliki alis tebal dengan cepat. Oleskan minyak fenugreek pada alis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Ke-11 minyak di atas sebagai cara menebalkan alis secara alami, gunakanlah minyak yang tidak tercampur dengan bahan kimia. Jadi minyak yang benar-benar masih alami tanpa campuran apapun agar hasil alis tebal Anda dapat didapat dengan cepat.

4 dari 10 halaman

Cara menebalkan alis secara alami

12. Lidah buaya

Tidak perlu dipungkiri lagi khasiat lidah buaya yang memang terkenal untuk menyuburkan rambut Anda. Caranya pun mudah saja. Oleskan gel lidah buaya pada alis Anda. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai gel bersih dan hilang.

13. Biji fenugreek

Biji fenugreek, sama seperti minyaknya memang sangat berkhasiat bagi penebalan alis Anda secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus biji lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada alis. Diamkan selama 30 menit, lalu bilans sampai bersih menggunakan air dingin

14. Bawang merah

Seringkali memang bawang merah membuat mata Anda perih dan kemudian menangis. Namun nyatanya, tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai penyubur rambut. Caranya adalah dengan mengulek atau menumbuk atau memblender 2 siung bawang merah hingga halus kemudian oleskan ke alis Anda. Diamkan selama 30 menit atau hingga mata Anda tidak kuat lagi menahan perih. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

5 dari 10 halaman

15. Bawang bombay

Selain bawang merah, bawang bombay yang merupakan bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai penyubur pertumbuhan rambut alis Anda yang efektif dan cepat. Caranyapun sama, yaitu dengan menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau menguleknya hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada alis. Hati-hati jangan sampai terkena mata karena akan menyebabkan rasa pedih.

16. Kuning telur

Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam kuning telur akan membuat rambut alis Anda menjadi kuat dan sehat. Ambil bagian kuning telur kemudian oleskan pada alis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

17. Teh

Teh dapat menguatkan akar rambu alis Anda sehingga alis tidak mudah rontok dan dapat tumbuh lebih lebat lagi. Caranya adalah mendiamkan 1 gelas teh semalaman lalu oleskan dengan menggunakan cotton bud pada alis Anda.

18. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, alis Anda agar segera menjadi segar dan lebat karena lemon merangsang pertumbuhan folikel rambut.

6 dari 10 halaman

19. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu rambut alis agar tidak mudah rontok dan menyuburkan. Cara menebalkan alis secara alami menggunakan jeruk nipis mudah saja. Anda cukup membelah jeruk menjadi dua bagian lalu oleskan pada alis secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

20. Susu sapi segar

Banyaknya vitamin, mineral, dan nutrisi pada susu sapi segar dapat menumbuhkan alis mata menjadi lebat. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam 2 kapas dalam susu sapi segar kemudian kompreskan pada alis Anda selama 30 menit.

21. Kelopak bunga sepatu

Ekstrak kelopak bunga sepatu membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda. Petik satu bunga, lalu ulek kelopaknya saja hingga benar-benar halus lalu oleskan pada alis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

22. Minyak kelapa dan lemon

Campuran dua hal ini akan membuat pertumbuhan rambut alis Anda semakin cepat dan lebat. Campurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm perasan lemon. Oleskan pada alis.

 

7 dari 10 halaman

23. Minyak kelapa dan kulit lemon

Tidak hanya air perasan lemonnya saja. Kulit lemon juga mengandung nutrisi yang dapat merangsang dan membersihkan folikel rambut agar pertumbuhannya tidak terganggu. Pertama, Anda perlu mengeringkan kulit lemon di bawah sinar matahari. Lalu tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Oleskan pada alis.

 

8 dari 10 halaman

24. Minyak kelapa, minyak pohon teh, lemon, dan jeruk nipis

Perpaduan selanjutnya yang dapat membuat alis Anda tumbuh lebih cepat dan tebal adalah minyak kelapa, minyak pohon teh, dan air perasan jeruk nipis. Campurkan semuanya masing-masing 1 sdt saja. Lalu oleskan pada alis

 

9 dari 10 halaman

25. Minyak wijen, minyak esensial rosemary, dan lemon

Campuran antara minyak wijen, minyak esensial rosemary, dan lemon tidak kalah ampuh sebagai cara menebalkan alis secara alami yang cepat dan efektif. Masing 1 sdt saja, lalu campurkan dan kemudian oleskan pada alis.

 

10 dari 10 halaman

26. Susu, yoghurt, dan madu

Gabungan antara susu, yoghurt, dan madu adalah cara terakhir dalam artikel ini sebagai cara menebalkan alis. Campurkan masing-masing 1 sdt lalu oleskan pada alis.

Ada banyak cara alami untuk menebalkan alis dengan hasil tampilan yang natural. Anda memilih cara yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.