Ada Bukit Lawang, Ini 7 Destinasi Wisata Cirebon untuk Habiskan Libur Lebaran

Oleh Ahmad Apriyono pada 11 Jun 2018, 11:21 WIB
Diperbarui 11 Jun 2018, 11:21 WIB
Bukit
Perbesar
Di atas tebing Batu Lawang, pengelola menyiapkan tempat untuk berswafoto. Foto: (Panji Prayitno/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Selain punya banyak destinasi wisata kuliner, Cirebon juga kaya akan bangunan bersejarah dan tempat wisata yang mengesankan. Terlebih, lokasi ini sangat strategis dan menjadi simpul transportasi yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jakarta.

Bagi Anda yang berencana mudik atau sekadar menghabiskan libur Lebaran di Cirebon, berikut tujuh destinasi wisata Cirebon seperti yang disusun tim Travel Liputan6.com, Senin (11/6/2018).

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan Masjid Kasepuhan. Masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah tertua di Cirebon. Masyarakat setempat percaya, di halamam masjid ini terdapat sumber air yang diyakini punya sumber air yang sama dengan sumur Zam-zam di Mekah. Air ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai untuk membasuh wajah. Uniknya, pintu masuk masjid ini sangat rendah, sehingga orang yang ingin masuk perlu menundukkan kepalanya.

 

2 dari 7 halaman

Keraton Kasepuhan

Ini destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Cirebon. Bukan tanpa sebab, keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada 1529 ini menyimpan banyak cerita sejarah. Di lokasi ini, tiap orang bisa menyaksikan beragam benda peninggalan dan benda-benda pusaka milik sultan. Yang menarik, keraton ini punya sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan tiap 1 Syawal. Bagi Anda penggila arsitektur masa lampau, tempat ini sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan masa libur Lebaran.

 

3 dari 7 halaman

Taman Sari Gua Sunyaragi

Wajah Baru Wisata di Situs Gua Sunyaragi Cirebon
Perbesar
Gua Sunyaragi Cirebon terus berinovasi guna meningkatkan pengunjung dengan menyediakan empat wahana permainan baru yang menarik. (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Siapa yang tidak tahu destinasi wisata yang satu ini. Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Gua Sunyaragi menjadi sangat hits di kalangan traveler setelah banyak orang mengunggah gambarnya ke media sosial. Di kompleks wisata ini terdapat dua bangunan utama, yaitu pesanggrahan dan gua yang dari luar tampak seperti berbentuk candi. Dahulu tempat ini digunakan oleh raja sebagai tempat bertapa.

 

4 dari 7 halaman

Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon
Perbesar
Hutan Kera Plangon

Berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Hutan Kera Plangon bukan hanya menawarkan suasan hutan dan habitat kera, tapi juga menjadi tempat petilasan Pangeran Panjunan dan Pengeran Kejaksan yang letaknya di atas bukit Plangon.

Untuk bisa menjamahi puncak bukit Plangon, traveler hanya perlu menaiki ratusan anak tangga. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai wisata petualangan dan sambil mempelajari sejarah Kota Cirebon.

 

5 dari 7 halaman

Telaga Nilam

Lokasinya yang tidak jauh dari Telaga Remis membuat destinasi wisata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan, apalagi saat momen libur Lebaran. Air yang jernih dan suasana alam yang masih sangat terjaga membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi kini telah tersedia gazebo yang bisa digunakan wistawan setelah lelah berendam di telaga.

 

6 dari 7 halaman

Cirebon Waterland

Main air bersama keluarga tentu menjadi atraksi wisata yang murah meriah yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta di momen libur Kebaran. Cirebon Waterland menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi referensi tempat bermain air terpopuler di Cirebon.

Lokasinya yang berada di bibir pantai menjadi keunggulan destinasi wisata ini, apalagi tempat ini juga punya pemandangan matahari terbit yang menawan. Tak hanya itu, wisata air yang akrab disebut dengan Taman Ade Irma Suryani ini juga menyiapkan banyak wahana, mulai dari perahu bebek, kolam arus, hingga air mancur.

 

7 dari 7 halaman

Batu Lawang

Bukit
Perbesar
Di atas tebing Batu Lawang, pengelola menyiapkan tempat untuk berswafoto. Foto: (Panji Prayitno/Liputan6.com)

Berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebo, Batu Lawang menjadi destinasi wisata baru yang mulai hits di kalangan traveler. Di lahan seluas 3 hektare ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan tebing bebatuan dari puncak pegunungan Jaya. Di atas tebing, pihak pengelola telah menyediakan tempat untuk selfie. Dari ketinggian sekitar 50 meter, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil berfoto-foto.

Nama Batu Lawang sendiri diambil dari bentuk batunya yang menyerupai lawang atau pintu. Pintu tersebut diyakini menembus ke alam gaib, menurut cerita para tetua di lokasi batu tersebut berada.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓