Ini 13 Maskapai Penerbangan Terbaik di 2018, Mana Favorit Anda?

Oleh Ana Fauziyah pada 11 Jun 2018, 18:00 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan penerbangan AirHelp telah merilis daftar 13 maskapai penerbangan terbaik dan terburuk di dunia di tahun 2018. Penilaian dan peringkat maskapai penerbangan didasarkan pada kualitas layanan, ketepatan waktu, dan kemudahan memproses klaim.

Kategori-kategori tersebut dinilai secara terpisah kemudian dikalkulasi secara keseluruhan sehingga menghasilkan skor akhir yang menentukan peringkat sebuah maskapai penerbangan.

Dilansir dari Business Insider, Senin (11/6/2018), AirHelp telah menyelenggarakan survei tersebut selama enam tahun belakangan. Di tahun ini, beberapa nama maskapai penerbangan secara tidak terduga muncul dan masuk daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Berikut adalah daftar 13 maskapai penerbangan terbaik di tahun 2018 menurut AirHelp disusun dengan urutan terbalik:

13. Wizz Air

Maskapai penerbangan dari Hungaria ini sangat diandalkan karena ketepatan waktunya dengan skor on-time performance sebesar 88%. Meskipun dalam kualitas layanan Wizz Air memperoleh skor 6 tapi masuknya Wizz dalam daftar maskapai penerbangan terbaik membuktikan bahwa ketepatan waktu merupakan hal yang sangat krusial dalam dunia penerbangan. Skor Wizz Air secara keseluruhan adalah 7,95.

12. Norwegia

Maskapai penerbangan ini memiliki skor keseluruhan 8 yang mencakup nilai 8 untuk layanan dan  8,61 untuk kemudahan memprosesa klaim. Maskapai ini menawarkan rute berbiaya rendah terpanjang di dunia, yaitu dari London ke Singapura sehingga menjadi favorit banyak konsumen.

11. KLM

Dengan skor keseluruhan 8,01, maskapai penerbangan KLM yang dimiliki Belanda memiliki skor on-time performance sebesar 85%, serta 7,54 untuk kemudahan pemrosesan klaim dan nilai 8 untuk layanan.

10. Virgin Atlantic

Maskapai penerbangan Virgin Atlantic dari Inggris mendapatkan skor keseluruhan 8,04. Maskapai ini juga mendapatkan nilai baik di kategori layanan dengan skor 8, serta mendapat skor 7,95 untuk pemrosesan klaim, dan 82% untuk ketepatan waktu.

9. Air Malta

Air Malta dianggap sebagai maskapai yang sangat efisien dalam memproses klaim dengan skor 9,13 dan cukup baik karena tepat waktu pada 86%, serta skor layanan 7. Meskipun kurang terkenal, maskapai ini mendapat skor keseluruhan 8,09 dan menempati peringkat kesembilan.

 

2 of 3

8. Qantas

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Dengan skor keseluruhan mencapai 8,12, Qantas menempati urutan kedelapan sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia. Qantas membuka rute terbang tanpa henti dari Perth, Australia ke London dengan rating 89% untuk on-time performance, serta 8 untuk layanan.

7. Aegean Airlines

Maskapai penerbangan Yunani ini memiliki on-time performance dengan skor 90%, serta skor layanan yang tinggi yaitu 8. Dengan skor total 8.19, Aegean Airlines berhak menempati posisi ketujuh.

6. Austrian Airlines

Maskapai penerbangan ini mencetak angka 8 untuk  pemrosesan klaim, juga mendapat skor 8 untuk kualitas layanan. Maskapai yang berasal dari Austria ini mendapat skor keseluruhan 8,25.

5. South African Airways

Maskapai ini meraih skor keseluruhan 8,31 yang mencakup skor pemrosesan klaim 8,69, dan mendapat skor 8 pada layanan, serta nilai 85% untuk on-time performance. Hal ini menempatkan maskapai Afrika Selatan tersebut berada di tempat kelima.

4. Singapore Airlines

Maskapai ini melayani rute penerbangan terlama di dunia dalam 19 jam dari Singapura ke New York. Singapore Airlines mendapatkan skor sempurna yaitu 10/10 untuk kualitas layanan, 85% pada on-time performance, meskipun hanya mendapat skor 6,77 untuk pemrosesan klaim. Dengan total skor 8,33, Singapore Airlines berada di tempat keempat tahun ini.

 

3 of 3

3. Etihad Airways

Ilustrasi Travel
Ilustrasi Travel (iStockphoto)​

Etihad Airways dari UEA secara konsisten masuk dalam daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Maskapai ini memiliki skor keseluruhan 8,43 dengan skor 9 pada layanan, 86% untuk ketepatan waktu, dan 7,47 untuk pemrosesan klaim.

2. Lufthansa

Maskapai asal Jerman menempati posisi kedua berkat skor 10 untuk layanan dan 8,63 untuk pemrosesan klaim. Jumlah skor keseluruhannya adalah 8,57. Lufthansa hanya kalah dalam skor ketepatan waktu sebanyak 76%.

1. Qatar Airways

Maskapai penerbangan yang dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik sedunia adalah Qatar Airways dengan skor total 9,07. Qatar Airways meraih nilai sempurna 10/10 untuk kualitas layanan, 8,86 pemrosesan klaim, dan skor on-time performance sebesar 89%.

Ana Fauziyah

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by