5 Tips Mudik Road Trip agar Tubuh Tetap Fit Meski Berpuasa

Oleh Novi Nadya pada 10 Jun 2018, 11:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2018, 11:00 WIB
Mudik
Perbesar
Ilustrasi mudik (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mudik saat berpuasa memang menjadi tantangan, apalagi membawa kendaraan sendiri atau road trip. Namun nyatanya berkendara dengan mobil pribadi masih menjadi pilihan meski pasti akan kelelahan.

Mudik tahun ini pastikan Anda mempersiapkan tubuh agar tetap fit meski sedang berpuasa. Terutama menjaga kesehatan tubuh secara ekstra.

Karena tak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi karena pengendara terlalu kelelahan. Berikut ini beberapa tips agar Anda tetap fit selama mudik panjang;

Cukup Tidur Terutama di Malam Hari

Untuk menjaga stamina tubuh, Anda harus cukup tidur minimal 7-8 jam di malam hari. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang mengharuskan Anda begadang, terutama jika Andalah yang mengemudikan kendaraan.

Jaga Pola Makan

Pastikan menu buka puasa dan sahur kaya gizi. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji atau makanan instan. Hal ini penting agar tubuh tidak lemas selama perjalanan mudik.

Konsumsi Vitamin C

Sebagai pelengkap ada baiknya mengonsumsi Vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit. Selain itu, Vitamin C juga dapat menurunkan risiko serangan jantung.

 

 

2 dari 3 halaman

Waspada Pilih Air Minum

Mudik
Perbesar
Ilustrasi mudik (iStockphoto)

Minum Air Putih yang CukupJangan lupa untuk minum air putih 8 gelas per-hari agar tubuh tidak dehidrasi. Kekurangan cairan juga bisa membuat konsentrasi menurun.

Namun, jangan asal mengonsumsi air minum. Terkadang kita terpaksa membeli air minum di sembarang tempat karena kondisi jalanan yang macet. Bisa saja air yang dijual merupakan kemasan palsu, atau sudah terpapar sinar matahari selama berjam-jam sehingga merusak kualitas air minum tersebut.

Ada baiknya Anda membawa tumbler sendiri dari rumah, namun tetap pastikan air minum di dalamnya terbebas dari kuman, bakteri, logam, dan zat-zat kimia berbahaya.

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan filter air minum sendiri, salah satu yang direkomendasikan adalah Advance Allegro series, karena kualitas air minum yang dihasilkan sudah teruji aman dan lebih sehat untuk dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Pijit dalam Mobil

Mudik
Perbesar
Ilustrasi mudik (iStockphoto)

 

Relaksasikan Tubuh agar Lebih Fresh

Biasanya pekerjaan akan lebih padat sebelum libur panjang. Usahakan Anda tidak bekerja terlalu lelah. Jika perlu, Anda bisa merelaksasi tubuh di tempat refleksi terdekat satu atau dua hari sebelum berangkat mudik. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan portable massager yang mudah digunakan di mana saja.

Cobalah Advance Neo Otomomi2 yang dilengkapi dengan adaptor mobil, sehingga bisa digunakan meski sedang berkendara. Memberikan pijatan pada tubuh akan melemaskan otot-otot yang tegang padaleher, bahu, dan punggung, serta melancarkan sirkulasi darah. Kini Anda tidak perlu lagi khawati kelelahan selama perjalanan mudik.

 

Lanjutkan Membaca ↓