Sukses

Menyulap Ruang Tamu yang Sederhana Jadi Luar Biasa untuk Lebaran

Yuk, warnai lebaran dan hari raya nanti dengan penuh kehangatan melalui dekorasi ruang tamu yang baru dan elegan.

Liputan6.com, Jakarta Ruang tamu menjadi bagian paling penting ketika perayaan lebaran dan Idul Fitri. Ruangan ini menjadi tempat berkumpul dan berbincang bersama keluarga, kerabat dan para tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Supaya perayaan hari kemenangan betul-betul berkesan di rumah, yuk, warnai lebaran dan hari raya nanti dengan penuh kehangatan melalui dekorasi ruang tamu yang baru dan elegan. Ikuti 4 trik menyulap ruang tamu yang sederhana jadi luar biasa berikut ini;

1. Penataan Sofa atau Kursi

Mulai dengan penataan perabotan wajib yakni sofa atau kursi. Ada beberapa model penataan yang bisa Anda coba yakni simetris, linier dan pararel. Secara simetris, semua elemen diletakkan seperti sofa di tengah ruangan dengan pertemuan atap pelana sebagai pusatnya. Keseimbangan antara sisi kanan dan kiri rasanya akan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Model linier, sofa berkontur lurus ditata searah dengan garis jendela. Hal ini bisa membuat ruang tamu tampak lebih luas karena menempatkan benda-benda besar dalam arah yang sama. Sementara model pararel, Anda bisa menghubungkan dua atau tiga bagian rumah dalam satu ruang. Hindari skat supaya ruangan terasa lebih luas. Selain sofa, beberapa furnitur bisa ditata dalam satu garis yang sama, baik besar atau kecil seperti sofa, meja hias dan furnitur makan.

2. Gunakan Dekorasi dan Aksesoris Pelengkap

Supaya kenyamanan ruang tamu makin maksimal tambah dekorasi pelengkap. Gunakan karpet lantai dan bantal sofa yang empuk. Sebisa mungkin Anda memilih karpet dengan motif pola berulang yang kecil. Karpet dengan motif pola berulang kecil akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Sementara itu menggunakan bantal berwarna-warni pada sofa bisa membuat ruangan lebih tampak ceria.

Pilih juga aksesoris yang menyolok yang bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya biasa-biasa saja. Warna Merah, ungu, dan metalik mampu mengusir kebosanan di dalamnya. Anda juga bisa pilih dekorasi artistik seperti patung, guci, vas bunga hingga poster printing.

3. Penataan Ruang Lewat Pengaturan Pencahayaan

Pengaturan pencahayaan juga berguna untuk mewujudkan ruang tamu yang nyaman dan tampak modern. Cara paling mudah untuk memaksimalkan cahaya alami dalam sebuah ruang adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melalui jendela.

Ruangan yang terang dan cerah juga memberi kesan ruangan terlihat lebih luas. Maka, biarkan tirai jendela anda terbuka untuk. Khusus menyambut lebaran, bisa saja Anda menambahkan lampu untuk pencahayaan maksimal.

4. Pilihan Warna dan Cat Dinding

Bagian paling mencolok pada suatu ruangan adalah dinding. Maka, untuk mewujudkan ruang tamu yang penuh dengan kehangatan dan kenyamanan adalah pemilihan warna dan cat dinding yang tepat. Cat berkualitas akan menentukan hasil akhir pewarnaan dinding karena dapat menambah nuansa elegan, glamour dan modern. Berikut ini beberapa pemilihan warna dan cat dinding dengan Dulux Warna Warni Kemenangan.

Lichen Green, Warna Baru yang Menyegarkan

Warna hijau itu menggambarkan awal yang baru. Pas banget Anda yang butuh penyegaran dan suasana baru untuk memulai sesuatu yang baik, apalagi dalam rangka menyambut momen lebaran dan Idul Fitri. Cat dan dekorasi rumah berwarna hijau seperti Ambiance Lichen Green bisa bikin suasana #MeriahkanKebersamaan bareng keluarga.

Drum Beat, Cozy Banget

Warna merah menciptakan suasana dramatis, kesan kuat untuk segala ruangan. Tidak hanya membangkitkan emosi banyak orang. Warna merah juga bisa memperkuat suasana mewah, atau menstimulasi energi. Padukan warna merah dengan furnitur dan hiasan warna putih untuk menciptakan kontras. Suasana ruangan tamu dengan Ambiance Drum Beat ini cozy banget, pasti bikin suasana mengobrol makin nyaman dan puas berlama-lama.

Orange Dessert, Terlihat Cerah dan Cantik

Kuning, sebagai warna alami dari sinar matahari tidak hanya menerangi tempat tinggal Anda, namun juga mengangkat semangat Anda. Variasi warna kuning seperti Ambiance Orange Dessert dari Dulux bakal membuat ruanganya terlihat lebih cerah dan cantik. Jadi, Anda gak perlu takut lagi mewarnai ruangan dengan warna terang.

Nova White, Minimalis Nan Modern

Ciptakan konsep minimalis yang sempurna dengan warna-warna bernuansa putih berbentuk garis lurus yang tajam dan rapi. Putih tidak hanya menjadi unsur utama untuk interior modern, namun juga merupakan pasangan yang sempurna untuk warna-warna pucat. Dengan Ambiance Nova White dan China White dari Dulux, ruangan minimalis nan modern.

Jadi, kalau ingin punya ruang tamu yang benar-benar berbeda dan lebih berwarna di hari kemenangan? Temukan inspirasi warna untuk suasana rumah yang penuh kehangatan momen bersama keluarga dan para sahabat dari Dulux Warna Warni Kemenangan.

Itulah trik desain ruang tamu yang dapat Anda terapkan di rumah. Semoga Anda tidak bingung lagi saat harus menata ruang tamu untuk perayaan lebaran nanti.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini