Sukses

Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Tidak Bisa Berhenti Selingkuh

Bagi sebagian orang, selingkuh adalah sebuah pola, dan pelakunya merasa seolah-olah tidak bisa berhenti melakukannya. Simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak dari kita tidak ingin mengenal kata selingkuh. Namun kenyataannya, selingkuh adalah hal yang sangat umum. Untuk beberapa orang, selingkuh mungkin hanya satu kali, hingga pada akhirnya menyesal dan belajar dari kesalahan. Namun bagi sebagian lainnya, selingkuh adalah sebuah pola, dan pelakunya merasa seolah-olah tidak bisa berhenti melakukannya.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships, para peneliti menemukan bahwa rata-rata setiap orang memiliki kemungkinan 42 persen untuk selingkuh dari pasangan.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menunjukkan bahwa sekali seseorang selingkuh, mereka tiga kali lebih mungkin untuk berselingkuh lagi.

Mengapa bisa selingkuh berkali-kali? Menurut pakar hubungan NYC, Susan Winter, ada banyak alasan yang memotivasi seseorang berselingkuh berkali-kali. Salah satunya adalah pelaku merasa di atas angin, karena pasangan mereka begitu mencintainya.

Alasan lain yang mendorong seseorang untuk berselingkuh adalah karena ketidakbahagiaan dalam suatu hubungan dan dapat dimotivasi oleh kebencian. Jika pasangan mereka terus-menerus meremehkan mereka, selingkuh adalah salah satu cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

Memahami mengapa orang tidak setia adalah satu hal yang sulit, tapi bagaimana dengan mereka yang berkali-kali selingkuh tapi ingin berubah? Dilansir dari Elitedaily, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan menurut para ahli:

Minta Bantuan Tenaga Medis Profesional

Faktor yang paling penting adalah bahwa pelaku ingin berubah tanpa dorongan dari siapapun. Namun, jika mereka ingin berubah, maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari tenaga medis profesional yang memenuhi syarat untuk konsultasi, mencari akar masalah dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transparan kepada Pasangan

Salah satu cara untuk membantu keluar dari pola selingkuh berkali-kali adalah dengan tidak menyimpan rahasia dari pasangan. Tidak hanya ini mengurangi kemungkinan Anda kembali masuk dalam jurang yang sama, tetapi keterbukaan adalah cara terbaik untuk membantu membangun kembali kepercayaan yang mungkin telah hilang antara Anda dan pasangan.

 

3 dari 3 halaman

Rangkulah dan Jujurlah dengan Pasangan Anda.

Saran terakhir ini mungkin tampak radikal, tetapi jika Anda kerap berselingkuh dan tidak ingin berubah, langkah terbaik hanyalah menerimanya sebagai bagian dari diri Anda. Jalani hidup Anda dengan jujur, dan terima kenyataan ini. Berdamai dengan fakta bahwa Anda tidak bisa atau tidak akan setia adalah langkah besar dalam mengurangi rasa bersalah. Dan jujur kepada pasangan Anda mengenai kebenaran ini.

Yurike

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini