Sukses

Lebarkan Sayap, Citilink Indonesia Buka Rute Baru Yogyakarta-Makassar

Maskapai Citilink Indonesia membuka rute baru yang menghubungkan Yogyakarta dan Makassar. Mulai kapan?

Liputan6.com, Jakarta Demi memudahkan masyarakat yang ingin mudik dan libur lebaran, mulai 1 Juni 2018, maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia membuka rute baru yang menghubungkan Yogyakarta dan Makassar.

Terkait hal ini, Vice Presiden Legal and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/5/2018) mengatakan, pembukaan rute penerbangan connecting the dots ini merupakan salah satu upaya Citilink untuk melebarkan sayap.

Makassar menurut Ranty merupakan penghubung utama Citilink Indonesia untuk melayani connecting flights ke wilayah timur Indonesia, seperti Kendari, Ambon, Jayapura, dan Manado.

"Rute Yogyakarta-Makassar ini merupakan rute connecting the dots kedua Citilink Indonesia setelah sebelumnya juga telah membuka rute Semarang-Surabaya dalam melebarkan sayapnya, dengan target market share sebesar 21,4 persen," ujar Ranty.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melebarkan Sayap

Ranty menambahkan, dengan rute connecting the dots ini, Citilink Indonesia optimis mendapatkan tingkat isian di atas 83 persen mengingat minat penumpang yang terus berkembang dengan perkiraan sekitar 441.320 penumpang pada akhir tahun 2018.

Rute ini sendiri menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang, dengan nomor penerbangan QG 778 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 15.05 WITA dan tiba di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada 16.10 WIB.

Sedangkan penerbangan Yogyakarta-Makassar dengan nomor penerbangan QG 779 dijadwalkan berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 16.40 WIB dan tiba di Bandara Sultan Hasanudin pada pukul 19.40 WITA.

 

3 dari 3 halaman

Mengapa Yogyakarta dan Makassar?

Pemilihan Makassar sebagai connecting flights ke wilayah timur ini bukan tanpa sebab, kota ini dianggap memiliki daya tarik wisata alam yang menawan selain juga punya beragam destinasi wisata heritage yang punya nilai sejarah.

Begitu pun Yogyakarta, kota gudeg ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisawatan Nusantara. Data Dinas Pariwisata DIY sendiri menyebut, sekitar 4,7 juta wisnus dan 397.000 wisman telah berkunjung ke Yogyakarta pada 2017.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.