Sukses

Libur Lebaran di Jakarta? Nggak Masalah, ke Ancol Asian Festival 2018, Yuk!

Dalam rangka menyambut libur lebaran dan Asian Games, Ancol menggelar Festival Kebudayaan Nusantara dan Asia bertajuk Ancol Asian Festival 2018.

Liputan6.com, Jakarta Hari kemenangan telah kita raih dengan suka cita, rasanya momen lebaran memang tak jauh dari rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Jakarta terkenal sepi saat lebaran karena banyak pekerja/penduduk yang mudik.

Lalu, bagaimana yang tak punya kampung halaman alias mudik? Bad mood liburan just stay at Jakarta? Eits, buang jauh-jauh pikiran kalau liburan nggak asik kalau hanya di Jakarta, karena sebetulnya malah lebih seru kita bisa eksplore kebudayaan nusantara dan Asia di Jakarta, di Ancol tepatnya.

Ancol memang tak pernah henti memanjakan pengunjungnya, oleh karena itu dalam rangka memeriahkan libur lebaran dan juga menyambut HUT Jakarta ke-491 dan perhelatan kompetisi olahraga internasional Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Ancol Taman Impian menyelenggarakan Ancol Asian Festival 2018 ini.

Ancol Asian Festival 2018 ini akan menyuguhkan dan menampilkan sajian atraksi dan hiburan yang mendidik dan menyenangkan.

Semua kegiatan sepanjang Juni – Agustus 2018 akan dikemas dalam bentuk pertunjukan seni budaya, musik, kuliner, parade perahu sampai kompetisi olahraga triathlon, sayang bukan jika dilewatkan?

Nah, biar nggak ada yang terlewatkan, cek dan catat agenda berikut ini ya!

JUNI – JULI  2018: ANCOL NUSANTARA FESTIVAL di PANTAI LAGOON

Ancol Nusantara Festival ini digelar mulai 13 Juni hingga 15 Juli 2018. Acara ini akan menampilkan berbagai kesenian dari Aceh hingga Papua. Pengenalan budaya nusantara juga disajikan dalam karya seni sculpture yang tersebar dibeberapa titik promenade Pantai Ancol.

Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang hasil karya patung yang berisi konten budaya Nusantara, juga bisa merasakan beragam kuliner nusantara yang disajikan dari 30 stall makanan dengan diiringi sajian musik di panggung terapung Pantai Lagoon. Tak hanya itu, setiap hari mulai pukul 14.00 WIB ataupun mengikuti permainan seru berhadiah Lebaran beach games yang akan dimulai pukul 10 pagi.

Khusus pada momen ulang tahun DKI Jakarta ke-491, akan diadakan parade spesial “Explore Ondel-Ondel dan tribute Benyamin Sueb”. Parade ini merupakan parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai, dengan gerakan khas ondel-ondel serta lantunan musik betawi akan semakin memeriahkan sepanjang jalur Pantai Ancol.

JUNI – AGUSTUS 2018: ANCOL KAMPUNG BETAWI FESTIVAL di PASAR SENI

Rindu dengan suasana Jakarta yang kental akan budaya Betawinya, Pasar Seni Ancol bisa jadi pilihan tepat nih buat kamu kunjungi karena akan disulap tampilannya menjadi Kawasan Kampung Betawi.

Mulai dari suasana, dekorasi serta seluruh konten yang dihadirkan disini semuanya berhubungan dengan budaya Betawi. Di sini pengunjung akan diajak mengenali seluruh unsur budaya Betawi, mulai dari sejarah, kuliner, kesenian sampai hasil karya khas Jakarta.

Pengunjung Ancol Kampung Betawi Festival 2018 juga dapat melihat wall of fame Betawi yang menampilkan gambaran sejarah kebudayaan betawi mulai dari jaman Batavia hingga saat ini. Dengan menggandeng komponen seniman, budayawan serta UKM Betawi yang tergabung dalam Ok Oce, Pasar Seni Ancol akan benar-benar menjadi kampung betawi selama acara ini berlangsung mulai 15 Juni – 31 Agustus  2018.

Ragam kuliner yang khas seperti, dodol Betawi, kerak telor, laksa, bir pletok dan banyak lagi dapat dinikmati disini sambil menikmati alunan musik dan lenong khas Betawi.

JULI – AGUSTUS 2018: ASIAN LANTERN FESTIVAL di PANTAI FESTIVAL

Festival ini akan berlangsung mulai 29 Juli – 2 September 2018. Terpusat di Pantai Festival, festival lampion ini juga merupakan salah satu destinasi baru yang layak dikunjungi oleh seluruh pengunjung. Bertabur lampu-lampu yang penuh warna sangat menggugah untuk dinikmati dan dijadikan spot foto yang instagramable

Tidak hanya lampion, Festival Perahu Wisata Nusantara juga menarik untuk dinikmati di pinggir pantai. Beraneka ragam perahu yang dihias dengan unsur budaya Nusantara akan menyapa pengunjung dan siap menjadi salah satu destinasi wisata maritim yang sarat dengan edukasi. Menariknya juga ada Dragon Boat Festival yang menampilkan perahu dayung yang akan dimainkan oleh talent profesional.

Tidak sampai disitu, dalam kesempatan ini juga disajikan beraneka ragam jenis kopi dan teh yang siap memanjakan penikmatnya. Berlokasi di Monumen Ancol, berbagai jenis kopi dan teh dari berbagai penjuru Asia dapat dinikmati disini.

AGUSTUS 2018: ANCOL TRIATHLON & ANCOL KEMERDEKAAN FESTIVAL

Rangkaian acara setelah Kampung Betawi dan Nusantara Festival, selanjutnya Ancol juga akan menggelar Asian Lantern Festival, Ancol Kemerdekaan Festival, Asia Food Bazzar & Culture Festival, Asian Coffee & Tea Festival, Firework Festival dan akan ditutup dengan Ancol Triathlon 2018.

Kemeriahan di Kawasan Ancol Taman Impian terus berlanjut dengan perayaan HUT RI ke – 73. Aneka lomba rakyat dipertandingkan disini dan yang menjadi unggulan yaitu lomba panjat pinang kolosal juga kembali digelar dengan jumlah batang pohon pinang lebih banyak dari tahun sebelumnya, yaitu 188 batang pohon.

“Kami ingin membangun ‘demam’ Asian Games mulai dari sekarang, terlebih Kawasan pantai Ancol juga sebagai venue pertandingan cabang olahraga  jetski dan layar sekaligus kami juga ingin tampilkan kekayaan budaya Nusantara untuk menarik minat masyarakat dan juga para delegasi negara peserta kompetisi,” ungkap Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama Jaya Ancol.

Ayo agendakan liburanmu bersama keluarga ke Ancol! Info lebih lengkapnya bisa kamu cari tahu dengan klik di sini!

 

(ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.