Sukses

23 Cara Putihkan Wajah secara Alami dan Tanpa Efek Samping

Tanpa perlu menggunakan perawatan wajah berbahan kimia, Anda bisa miliki wajah cerah berseri sehat dengan bahan-bahan alami ini.

Jakarta Kulit wajah yang terlihat segar berseri menjadi kunci dari penampilan maksimal, baik bagi pria dan wanita.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar, kebanyakan orang ingin mendapatkannya dengan cara cepat dan instan. Padahal cerah saja tidak cukup, tetapi kulit wajah juga harus sehat dan terjaga kelembapannya.

Kulit wajah yang sehat, cerah, dan lembap bisa kamu dapatkan dengan penggunaan pelembap berformula tepat seperti OLAY White Radiance Whip Active Moisturiser. Pelembap dengan formula dan teknologi terbaik ini juga dapat membantumu memperoleh kulit yang terasa ringan dan lembut sepanjang hari.

Terobosan teknologi Active Rush dan formula Whip baru dengan teknologi Pearl-Optics di dalamnya membantu melembapkan dan meratakan warna kulit wajah. Selain itu, OLAY White Radiance Whip Active Moisturiser juga dapat membantu menyamarkan flek hitam dengan pemakaian rutin selama 8 minggu. Segera dapatkan OLAY White Radiance Whip Active Moisturiser mu di sini!

Sebenarnya di sekitar Anda banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Selain mudah dan murah, tentu saja dengan menggunakan bahan alami, Anda tidak perlu takut akan efek sampingnya.

Berikut adalah beberapa cara memutihkan wajah pria maupun wanita dengan bahan alami seperti yang dirangkum Liputan6.com (31/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis ini mudah saja, yaitu :

  1. Belah jeruk menjadi dua bagian
  2. Oleskan pada wajah secara merata
  3. Diamkan selama 30 menit sampai mengering
  4. Bilas dengan air bersih
  5. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu

Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif harap berhati-hati dalam menggunakan bahan alami ini karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

2. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Caranya sebagai berikut:

  1. Oleskan perasan air lemon pada wajah Anda
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Bilas dengan air hangat
  4. Maka wajah Anda agar segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami

3. Jeruk

Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara memutihkan wajah secara alami berikutnya.

Caranya:

  1. Peras air jeruk
  2. Oleskan pada wajah Anda
  3. Lakukan secara rutin setiap hari
3 dari 10 halaman

4. Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna untuk memutihkan wajah Anda dan menghilangkan noda di wajah.

Cara alami memutihkan wajah dengan bahan ini adalah:

  1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus
  3. Campur dengan air hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bilas dengan air hangat

Kadar anti-oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

5. Lidah buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya.

Lidah buaya mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah.

Caranya:

  1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah
  2. Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan air bersih

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

4 dari 10 halaman

6. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya:

  1. Haluskan pepaya
  2. Setelah lembut, gunakan sebagai masker
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Melakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah Anda agar memutih dengan cara yang alami.

7. Avokad

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

Caranya:

  1. Haluskan daging avokad sampai lembut
  2. Oleskan pada wajah secara merata
  3. Diamkan selama 25 menit
  4. Bilas dengan air bersih
5 dari 10 halaman

8. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini begitu mudah:

  1. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut
  2. Tambahkan 1 sdm madu
  3. Campur hingga rata lalu
  4. Oleskan pada wajah
  5. Biarkan mengering selama 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih

9. Stroberi

Ellagic ada dalam buah stroberi yang bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan dapat mencerahkan wajah Anda secara alami. Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan stroberi adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan buah stoberi hingga lembut
  2. Campur dengan susu hingga mengental
  3. Gunakan sebagai masker wajah

10. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah:

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan.

6 dari 10 halaman

11. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara menggunakannya yaitu:

  1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus
  2. Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta
  3. Oleskan pada wajah
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas dengan air bersih

Cara alami memutihkan wajah ini akan efektif jika anda mengaplikasikannya secara rutin, yaitu pada waktu malam sebelum anda tidur. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang normal, penggunaan bahan ini cocok buat anda.

12. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam Anda.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah:

  1. Iris mentimun tipis-tipis
  2. Tempelkan pada seluruh wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Basuh dengan menggunakan air bersih 
7 dari 10 halaman

13. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar.

Caranya:

  1. Parut bengkoang hingga lembut
  2. Peras dengan menggunakan air
  3. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami
  4. Diamkan selama 20 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  6. Lakukan secara rutin

Demikianlah cara memutihkan kulit wajah dengan menggunakan bengkoang.

14. Lobak putih

Lobak putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja namun juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat.

Cara alami memutihkan wajah dengan sayuran ini:

  1. Haluskan 1 buah lobak putih
  2. Campurkan 2 sdm minyak zaitun
  3. Gunakan sebagai masker wajah
  4. Oleskan pada wajah
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bilas wajah dengan air bersih

15. Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

8 dari 10 halaman

16. Susu

Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Karena itulah, cara ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

Cara memutihkan kulit wajah menggunakan susu yaitu:

  1. Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu
  2. Jadikan masker wajah
  3. Biarkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih sesudahnya

17. Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

Cara memutihkan wajah dengan cepat menggunakan yogurt sangat mudah:

  1. Siapkan yogurt segar tanpa rasa
  2. Gunakan sebagai masker wajah
  3. Oleskan pada wajah
  4. Pijat-pijat dengan lembut
  5. Diamkan selama 5 menit
  6. Bilas dengan air hangat

18. Teh hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara memutihkan wajah alami adalah dengan memakai daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

- Jika Anda menggunakan daun teh :

  1. Rendam dalam air panas selama 15 menit
  2. Tunggu sampai agak dingin
  3. Oleskan air pada wajah

- Jika dengan menggunakan bubuk :

  1. Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta
  2. Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah
9 dari 10 halaman

19. Kopi dan gula

Cara memutihkan kulit wajah menggunakan bahan ini, yaitu kopi dan gula digunakan sebagai scrub wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam.

Caranya:

  1. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula
  2. Beri sedikit air hingga berbentuk pasta
  3. Gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat

20. Air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan memutihkannya. Cara alami memutihkan wajah menggunakan bahan ini sangat mudah:

  1. Biarkan air beras agar mengendap
  2. Gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami
  3. Diamkan selama 20 menit
  4. Bilas dengan air bersih

21. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Cara menggunakannya:

  1. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu
  2. Gunakan sebagai masker wajah
  3. Diamkan selama 10 menit
  4. Bilas dengan air bersih
10 dari 10 halaman

22. Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda, selain itu juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara memutihkan kulit wajah dengan bahan ini:

Campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas airCelupkan kapas pada cairan tersebutOleskan pada wajah Anda23. MaduPelembab alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Caranya:

Ambil 1 sdm maduOleskan pada wajahDiamkan selama 30 menitBilas dengan air bersihBila Anda rutin melakukan cara alami memutihkan wajah ini setiap hari, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencobanya sendiri di rumah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini