Sukses

Intip 5 Gaya Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Berikut lima gaya hidup sehat yang membuat Anda panjang umur dan terhindari dari resiko kanker.

Liputan6.com, Jakarta Selain gen, gaya hidup merupakan salah satu faktor paling berpengaruh pada risiko kanker. Gaya hidup yang tidak sehat cenderung menyumbangkan potensi terserang kanker di kemudian hari.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan gaya hidup yang baik agar panjang umur dan terhindar dari bahaya kanker berikut ini, seperti dilansir dari situs Sofeminine, Rabu (25/5/2018).

1. Tidur yang cukup

Tidur merupakan waktu untuk menghilangkan racun di tubuh. Bekerja pada shift malam atau bergadang membuat tubuh kehilangan waktu untuk mengeluarkan racun. Secara perlahan, gaya hidup kurang tidur ini dapat mendatangkan risiko penyakit kanker. Usahakan untuk tidur cukup agar tubuh segar dan dapat menangkal berbagai penyakit.

2. Kurangi junk food

Makanan siap saji atau junk food memang memberikan kemudahan saat mengonsumsinya. Namun makan junk food berlebihan dapat memicu munculnya kanker di tubuh. Kandungan senyawa pengawet dan MSG di dalamnya secara perlahan dapat merusak fungsi organ di tubuh Anda. Meski berkutat dengan gaya hidup yang padat sehingga membutuhkan makanan yang praktis, usahakan tidak mengonsumsi junk food secara berlebihan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaya hidup sehat

3. Hindari alkohol

Minum alkohol juga merupakan salah satu gaya hidup tidak baik yang dapat meningkatkan risiko kanker. Ketika Anda minum alkohol, dimetabolisme akan menghasilkan karsinogen dalam tubuh. Selanjutnya dimetabolisme menjadi asetat, dan akhirnya menjadi air dan karbon dioksida, yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh Anda. Ini menjadi racun di tubuh yang meningkatkan risiko munculnya kanker.

4. Rutin olahraga

Berkutat dengan pekerjaan yang terlalu banyak duduk atau kurang beraktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker. Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik minimal satu sampai dua jam setiap minggu. Lakukan jalan cepat atau jogging secara rutin. Hal ini akan membuat tubuh Anda kuat dan terlindungi dari penyakit lainnya.

3 dari 3 halaman

Gaya hidup sehat

5. Kurangi konsumsi gula

Minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soda, teh manis, dan sirup merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan risiko kanker. Saat Anda mengonsumsi makanan ini akan menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin. Dengan jumlah insulin yang terus-menerus tinggi, dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi sel kanker yang berkembang biak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.