8 Tips Menu Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Langsing di Bulan Ramadan

Oleh Lakupon pada 26 Mei 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2018, 12:00 WIB
Nasi merah
Perbesar
Ilustrasi nasi merah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Masih bingung apa menu buka puasa yang sehat dan tepat? Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, maka puasa bisa menjadi ajang yang baik untuk mendukung penurunan berat badan. Dengan menu buka puasa yang tepat maka bukan tidak mungkin berat badan akan turun dan Anda semakin sehat.

1. Kombinasi Karbo Kompleks & Air Putih

Saat buka puasa, awali dengan minum air putih lalu, usahakan makan takjil dengan karbohidrat kompleks seperti kacang hijau, kacang merah, atau gandum yang diolah menjadi roti gandum. Dengan menu ini maka Anda bisa kenyang dan tidak kalap dengan makan malam yang terlalu banyak.

2. Lauk Ikan

Ikan adalah protein hewani yang baik untuk Anda yang sedang diet. Ikan bisa diolah menjadi menu buka puasa yang enak lho! Ikan terbaik untuk diet adalah salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung omega 3 dan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, agar kandungan gizinya tak hilang, cara terbaik mengolahnya adalah dipanggang atau kukus. Selain salmon, Anda bisa pilih ikan gurame yang lebih terjangkau.

3. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi tidak akan membuat gemuk jika tidak makan berlebihan dan tidak menambah berat badan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Sebaiknya, pilihlah daging sapi yang tanpa lemak seperti tenderloin. Daging sapi baik diolah dengan cara dipanggang seperti steak, bumbu daging tersebut dengan air lemon, merica dan garam. Makanan Indonesia dengan daging merah yang cukup sehat seperti rawon atau soto tanpa santan. Buka puasa pasti menjadi lebih nikmat.

 

Satai Taichan, Satai ala Jepang dengan Bumbu Praktis dan Lezat
Perbesar
Penasaran bagaimana cara memasak menu satai taichan? Yuk kita intip tutorial masak berikut ini.
2 dari 3 halaman

4. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Beras
Perbesar
Ilustrasi beras (iStockphoto)

Mulai sekarang gantilah nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mengadung serat tinggi dan tidak akan menaikkan kadar gula darah secara cepat. Selain itu, menu sahur dengan nasi merah mampu menjaga kenyang lebih lama. Nasi merah semakin nikmat dikombinasikan dengan lauk sehat seperti protein dan sayur.

5. Hindari Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi, sehingga tidak direkomendasikan. Terlebih lagi orang terbiasa berbuka puasa dengan gorengan, hal ini justru bisa membuat program dietmu gagal. Selain itu, kandungan lemak bisa membuatmu cepat mengantuk.

6. Konsumsi Serat

Serat bisa didapatkan dari buah dan sayur. Selalu masukkan sayur dan buah satu porsi sebelum menyantap nasi. Serat sangat baik untuk pencernaan dan menghindari risiko sembelit. Untuk takjil, Anda juga bisa membuat salad buah yang menyehatkan.

 

 

3 dari 3 halaman

7. Hindari Makanan & Minuman Bersantan

Santan kelapa
Perbesar
Ilustrasi santan kelapa (iStockphoto)

Menu buka puasa untuk diet yang perlu dihindari adalah yang mengandung santan, seperti kolak pisang. Selain itu, makanan yang bersantan seperti opor ayam juga harus dihindari karena bisa merusak program diet. Santan mengandung lemak dan mampu menaikkan kolesterol sehingga menyebabkan tekanan darah dan kadar gula darah meningkat.

8. Hindari Fast Food

Sebaiknya hindari buka puasa di restoran cepat saji. Makanan fast food mengandung lemak dan natrium yang sangat tinggi, sehingga mampu meningkatkan berat badan secara tepat. Namun, sesekali tak masalah namun dengan porsi kecil.

Jika Anda sedang berbuka puasa di luar rumah, seperti mall atau restoran. Coba pilih tempat makan yang sehat seperti Kimi-Kimi Fruit Dessert. Ada beraneka macam dessert buah-buahan yang segar dan enak. Anda bisa pilih berbuka dengan sop buah hingga salad. Lebih hemat makan dengan voucher Kimi-Kimi Fruit Dessert di Lakupon senilai Rp 30.000 hanya beli Rp 15.000.

 

Lanjutkan Membaca ↓