Sukses

Dari Rp 636 M Biaya Pernikahan Meghan Markle, Paling Boros untuk Ini

Dari sekitar 45 juta dolar AS biaya pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry, 42 juta Dolar AS habis untuk membayar hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Harry dan Meghan Markle selangkah lagi menuju hari pernikahan pada Sabtu, (19/5/2018). Semua orang tahu bahwa pernikahan paling disoroti abad ini pasti menghabiskan banyak biaya. Sebagai pembanding, pernikahan sang kakak dengan Kate Middleton menghabiskan biaya sekitar Rp 34 juta dolar AS. 

Melansir dari thelist.com, Jumat (18/5/2018), Bridebook, situs web dan aplikasi perencanaan pernikahan nomor 1 di Inggris menganalisis biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dari pengalaman menganalisis lebih dari 170.000 pernikahan, Bridebook menemukan biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan kerajaan sekitar 45 juta (sekitar Rp 636.651.000.000) dolar AS. Dipotong 42 juta (sekitar Rp 594.283.200.000) dolar AS untuk biaya biaya keamanan, bagaimana dengan sisanya?

1. Undangan

Undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle memang tampaknya sederhana, dengan teknik ditulis tangan. Namun, jangan salah mengira bahwa biaya untuk membuat undangan ini murah.

Istana Kensington memilih menggunakan jasa dari Barnard dan Westwood, di mana biayanya bisa mencapai 281.000 dolar AS untuk 4.000 tamu. Undangan untuk tamu VIP sendiri memiliki hiasan emas yang diperkirakan menelan biaya sebesar 70.000 dolar AS.

2. Tempat pernikahan

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan melangsungkan pernikahan di St. George's Chapel, Windsor Castle, seperti yang diharapkan oleh Istana Kensington sendiri. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar 245 Dolar AS.

Bagaimana dengan acara resepsinya? Istana Kensington mengumumkan bahwa resepsi akan diadakan di Aula Besar St. George's Chapel.

Jika Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih dekorasi ruangan seperti saat kakaknya menikah, maka biayanya bisa melebihi dari 421.000 dolar AS. Ditambah dengan biaya katering, keamanan tambahan, dan staf, maka setidaknya 70.000 dolar AS lagi harus keluar.

3. Pencahayaan dan biaya dekorasi

Melakukan dekorasi di Windsor Castle jelas tidak mudah. Menurut The Telegraph, kantor Lord Chamberlain di Istana Buckingham akan bekerja sama dengan sekretaris pribadi Pangeran Harry, Edward Lane Fox, untuk bertanggung jawab terhadap banyak hal dari pernikahan.

Namun, mereka jelas tidak akan bekerja sendiri. Menurut Bridebook, ada sebuah agensi paling populer di London, seperti HRP Production Solutions yang bisa ditugaskan untuk melakukan dekorasi dengan biaya sekitar 182.000 dolar AS.

4. Biaya katering

Pernyataan dari Istana Kensington menegaskan bahwa selain resepsi malam, akan ada makan siang. Bridebook memprediksi ada sekitar 2.640 undangan yang akan mendapatkan fasilitas camilan dan teh panas dengan biaya 14 dolar AS per kepala dan total 400.000 dolar AS hanya untuk makanan di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

5. Minuman beralkohol

Mengingat Buckingham Palace adalah rumah bagi anggur-anggur terbaik, maka menurut The Telegraph, biaya yang dikeluarkan untuk minuman-minuman tersebut adalah sekitar 2,8 juta dolar AS. Kemungkinan akan ada 1.700 botol sampanye dan 650 botol anggur yang dikeluarkan untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle nantinya.

6. Gaya yang mahal

Meghan Markle diperkirakan menghabiskan biaya lebih dari 420.000 dolar AS, termasuk gaun pernikahan dan gaun resepsi yang akan dipakainya. Bridebook melakukan survei di lebih dari seribu penjahit di Inggris dan 70 persen mereka mengatakan bahwa Meghan mungkin akan memilih Alexander McQueen untuk merancang gaun pengantinnya, sama halnya dengan yang dilakukan oleh Kate Middleton. Namun untuk pemberkatan, mereka sudah memilih gaun Ralph and Russo. 

Pangeran Harry sendiri mungkin menghabiskan biaya sebesar 11.000 dolar AS untuk penampilannya. Ia dikabarkan akan memakai seragam angkatan udara yang telah dibuat khusus untuk pernikahannya.

Jika ada pengiring pengantin, Bridebook memperkirakan tiga gaun akan menghabiskan biaya 7.000 dolar AS. Ditambah lagi busana untuk Putri Charlotte dan Pangeran George yang diperkirakan menghabiskan biaya hampir 2.400 dolar AS.

7. Bunga

Jika menilik kembali pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, mereka menerbangkan 28.000 tulip ke Istana Buckingham. Sebanyak 10.000 lebih bunga digunakan untuk menghias Istana dan Westminster Abbey.

Sedangkan Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar 154.000 dolar AS untuk bunga ditambah 56.000 dolar AS untuk mendekorasi kapel St. George. Menurut survei yang dilakukan oleh Bridebook, pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle mengharapkan bunga peony dengan spekulasi warna putih dan hijau.

8. Jasa fotografer dan videografer

Mempekerjakan seorang fotografer top akan menelan biaya sekitar 6.300 dolar AS. Atau jika pasangan ini memilih seseorang seperti Hugo Burnand, maka biayanya bisa dua kali lipat, ditambah dengan videografer, biaya untuk jasa ini bisa mencapai 24.000 dolar AS.

3 dari 3 halaman

Perkiraan biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

9. Kue pernikahan 8 tingkat

Istana Kensington telah mengeluarkan pernyataan bahwa pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle telah memilih kue lemon elderflower yang diisi dengan butter cream dan dihiasi dengan bunga segar. Kue yang dibuat oleh pastry top bisa mulai dari 5.600 dolar AS dan karena pernikahan ini memiliki tamu undangan sebanyak 800 orang, setidaknya kuenya akan memiliki 8 tingkat.

10. Musik

Belum ada konfirmasi dari Istana Kensington, tapi kemungkinan akan ada live music dengan total biaya sekitar 600.000 dengan tambahan hiburan, seperti kembang api.

11. Cincin pernikahan

Bridebook memperkirakan biaya sekitar 8.400 dolar AS untuk total biaya perhiasan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

12. Tambahan lainnya

Anda pasti tahu bahwa tambahan-tambahan lain tentu berlaku dalam merencanakan acara pernikahan, sama halnya dengan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, seperti suvenir dengan perkiraan 4.200 dolar AS. Ditambah dengan menyewa toilet mewah untuk para tamu dengan biaya sekitar 49.000 dolar AS.

13. Bulan madu

Mengingat bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk menikah saat berlibur di Botswana, maka mungkin destinasi bulan madu setelah menikah adalah kembali ke Afrika Selatan. Di mana pun mereka memutuskan untuk bulan madu, maka biayanya akan sekitar 168.000 dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.