Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Ini

Oleh Nabila Mecadinisa pada pada 16 Mei 2018, 11:15 WIB
Ilustrasi bau mulut (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa, bau mulut merupakan musuh utama yang harus dihindari. Biasanya hal ini dipicu akibat kondisi mulut yang kering, namun ternyata masih ada hal lainnya yang bisa memicu bau pada mulut Anda. Walau demikian, jangan sampai bau mulut membuat Anda jadi malas menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Simak beberapa upaya untuk mencegah terjadinya bau mulut agar Anda bisa tampil lebih percaya diri.

1. Jaga kebersihan mulut

Mungkin hal ini terdengar klise. Tapi cara utama untuk menatasi serta mencegah bau mulut ialah dengan senantiasa menjaga mulut tetap bersih. Pastikan untuk menyikat gigi, gusi, dan lidah setelah sahur dan sesudah berbuka puasa. Lanjutkan dengan penggunaan dental floss agar tak ada sisa makanan yang terselip di gigi. Tak lupa untuk berkumur dengan larutan penyegar sehingga kuman di mulut dapat tertuntaskan dan menjadikan nafas Anda tetap segar.

1 of 3

2. Tinggalkan rokok

[Bintang] Ilustrasi Rokok
Meski sepele, ini kebiasaan cewek yang bahaya untuk kesehatan kulit. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Merokok juga mampu membuat nafas jadi tak segar dan juga mulut akan terasa jadi lebih kering.

3. Pola makan teratur

Saat puasa, pastikan untuk tidak menyantap makanan-makanan yang memiliki bau menyengat. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur sehingga akan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh Anda.

 

2 of 3

4. Cek kesehatan gigi

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

Pastikan untuk melakukan kontrol gigi menjelang Ramadan. Hal ini akan membantu area mulut tetap sehat sehingga membuat nafas tetap segar. Terkadang bau mulut timbul akibat kuman dan bakteri dari kondisi gigi Anda yang berlubang.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓