Sukses

Wanita yang Hamil di Usia Matang Cenderung Jadi Ibu yang Lebih Bijak

Sebuah studi terbaru menunjukkan banyak wanita yang memiliki anak di usia di atas 30 tahun cenderung menjadi ibu yang lebih baik dan lebih bijak dibanding mereka yang menjadi ibu di usia muda.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, banyak wanita khawatir dengan jam biologis yang dianggap mengancam fungsi reproduksi. Banyak wanita mengalami tekanan untuk segera hamil di usia muda atau melahirkan sebelum usia 35 tahun karena khawatir dengan bahaya melahirkan di usia tua.

Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan banyak wanita yang hamil dan memiliki anak di usia di atas 30 tahun cenderung menjadi ibu yang lebih baik dan lebih bijak dibanding mereka yang menjadi ibu di usia muda atau sekitar 20-an.

Melansir Female Network Senin (14/5/2018), studi yang dilakukan pada Maret 2017 dan diterbitkan dalam European Journal of Developmental Psychology tersebut menunjukkan bahwa pada usia rata-rata 31 tahun, ibu yang hamil dan membesarkan anak di usia ini cenderung jarang memarahi anak-anak mereka dan jarang juga menghukum anak-anak mereka secara fisik.

Hal ini mengakibatkan anak-anak berperilaku baik dan memiliki keterampilan sosial dan kesehatan emosional yang lebih baik. Secara fisik, anak-anak mereka cenderung lebih tinggi dan lebih sehat juga.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari orangtua yang lebih matang usianya kemungkinan besar adalah orangtua dengan berpendidikan lebih baik. Sehingga anak-anak yang lahir dari orangtua yang lebih tua dan berpendidikan tersebut kemungkinan juga akan tumbuh menjadi anak yang berpendidikan karena orangtuanya mendorong mereka untuk melanjutkan sekolah hingga kuliah. Di samping itu, orangtua yang lebih tua memiliki kehidupan, keadaan ekonomi, dan mental yang lebih stabil, sehingga menyediakan lingkungan yang lebih kondusif untuk membesarkan anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salma Hayek

Salma Hayek, aktris kawakan Hollywood yang melahirkan anak pertamanya Valentina pada usia 40 tahun, merasa memiliki anak di usia yang cukup matang lebih menguntungkan bagi dirinya dan putrinya.

“Saya adalah manusia yang lebih puas sekarang, dan saya mungkin belum sepuluh tahun yang lalu,” katanya dalam sebuah wawancara. “Dia mendapatkan ibu yang lebih baik untuk dilahirkan sekarang,” ujar Hayek yang menikah dengan Francois-Henri Pinault.

 

3 dari 3 halaman

Persiapkan tubuh dengan baik untuk hamil di usia matang

Terkait dengan bahaya melahirkan di usia tua, Dr. Rebecca Starck, ketua departemen kebidanan dan ginekologi regional di Klinik Cleveland menyatakan, bahwa jika seorang wanita cukup sehat, maka risiko kehamilan bisa berkurang.

“Seorang wanita berusia 40 tahun memang memiliki kehamilan yang jauh lebih berisiko daripada yang berusia 28 tahun. Jadi untuk memastikan kehamilan yang sukses, wanita perlu mempersiapkan tubuh mereka dengan makan dengan baik, menghindari perilaku berbahaya seperti alkohol dan narkoba, dan memiliki berat badan ideal,” tutur Dr. Starck.

Ana Fauziyah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.