Sukses

10 Tips Membesarkan Anak yang Baik, Sudah Coba?

Ingin membesarkan anak yang baik? Simak di sini beberapa tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Maksud anak yang baik di sini adalah mereka yang mudah bersyukur dengan segala yang dimiliki, tidak manja, dan disiplin. Semua orang tua pastik ingin memiliki anak yang baik, Anda juga, bukan?

Dilansir dari yourtango.com, Senin (14/5/2018), berikut ini adalah beberapa tips membesarkan anak yang baik. Penasaran?

1. Katakan "tidak" secara teratur

Jangan selalu memberikan apa yang anak Anda inginkan, bahkan jika sebenarnya Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

2. Mengajarkan rasa syukur

Lebih dari mengucapkan terima kasih, ajarkan anak Anda untuk melakukan kontak mata, jabat tangan, dan penghargaan untuk hal-hal baik yang diberikan kepada mereka. Jika ini tidak terjadi, maka minta hadiahnya dikembalikan, jelaskan bahwa mereka belum pantas menerima hadiah.

3. Berlatih memberi

Ya, Anda bisa menunjukkan kepada anak untuk memberi kepada yang membutuhkan. Misalnya, secara teratur, libatkan anak Anda untuk mengemas dan mengirim barang yang ingin diberikan.

4. Berhati-hatilah memilih teman

Jika Anda bergaul dengan mereka yang tidak membesarkan anak dengan baik, maka kemungkinan besar anak Anda juga tidak akan menjadi baik. Pastikan orang-orang yang menghabiskan banyak waktu dengan Anda adalah mereka yang memiliki tujuan yang sama dalam membesarkan anak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips membesarkan anak yang baik

5. Menulis kartu ucapan terima kasih

Tindakan sederhana seperti ini cenderung dapat mengajarkan ekspresi perasaan dan perhatian kepada anak Anda. Sudah pernah coba?

6. Jangan menolong mereka setiap terjatuh

Praktikkan konsekuensi alami sejak usia dini pada anak Anda. Selain itu, jangan terlalu melindungi mereka dari kekecewaan, karena anak-anak harus memahami dan percaya bahwa gagal dan jatuh adalah bagian dari perkembangan.

7. Tahan keinginan untuk membeli banyak barang

Hanya karena Anda bisa melakukannya berarti Anda harus. Jangan membeli terlalu banyak barang, usahakan untuk memberi anak Anda satu barang saja dan minta mereka untuk mencintai dan menghargai apa yang dimiliki.

3 dari 3 halaman

Tips membesarkan anak yang baik

8. Bicaralah dengan kakek dan nenek mereka tentang niat Anda

Bagikan tujuan Anda dalam merawat anak kepada orangtua juga. Anda akan membutuhkan bantuan mereka dalam melakukan hal ini.

9. Ajari anak Anda tentang nilai uang

Mintalah anak Anda untuk mengelola uang mereka melalui tabungan, amal, dan belanja. Melakukan hal ini sejak dini akan mengajari anak Anda tentang tanggung jawab.

10. Bagikan cerita Anda

Ya, Anda juga harus membagikan cerita tentang keluarga kepada anak-anak. Menjadi orang tua yang merawat anak baik tidak selalu mudah, tapi jangan menyerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.