Wajib Coba, 7 Jajanan dan Restoran Halal di Hong Kong

Oleh Eka Laili Rosidha pada 03 Mei 2018, 10:28 WIB
Diperbarui 03 Mei 2018, 10:28 WIB
Islamic Centre Hong Kong
Perbesar
Islamic Centre Hong Kong. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke negara yang mayoritas bukan beragama Islam sedikit menimbulkan kekhawatiran terutama bagi wisatawan muslim. Salah satu negara minoritas muslim yang saat ini menjadi menarik perhatian wisatawan yakni Hong Kong.

Kendala yang paling umum dialami wisatawan muslim saat berkunjung ke Hong Kong adalah mencari restoran halal. Mengingat populasi penduduk muslim di sana masih sangat minim.

Tapi kini wisatawan muslim tidak perlu takut kesulitan mencari restoran halal. Sejumlah restoran dan kafe di Hong Kong sudah banyak yang menyajikan makanan halal dan mendapat sertifikat halal dari pemerintah.

Di mana saja pengunjung dapat menemukan restoran halal tersebut? Simak ulasan yang dihimpun Liputan6.com berikut ini.

1. Islamic Centre Canteen

Ketika bertandang ke Hong Kong, makanan yang wajib dicoba adalah dim sum. Namun, dim sum yang dijual Islamic Centre Canteen ini berbeda dari yang lain karena satu-satunya yang tidak mengandung daging babi alias halal.

Dim sum buatan Islamic Centre Canteen ini berisi daging ayam, udang atau sapi. Selain dim sum, restoran ini juga menyediakan menu makanan lainnya seperti ayam goreng, aneka sup, aneka tumisan hingga nasi goreng.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan berkisar antara 15 - 200 dolar Hong Kong. Islamic Centre Canteen bisa ditemukan di Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Chrisly Inn Cafe

Chrisly Inn Cafe
Perbesar
Chrisly Inn Cafe. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha

Selain dim sum, Hong Kong juga punya makanan khas yakni 'Chinese Cake'. Pada umumnya, 'Chinese Cake' dibuat dengan menggunakan minyak babi.

Tapi di kafe Chrisly Inn, pengunjung terutama wisatawan muslim tidak perlu khawatir. Karena kafe ini menjual berbagai jenis 'Chinese Cake' tradisional bertanda halal. Selain 'Chinese Cake' menu andalan kafe ini adalah Scrambled egg dan milk tea.

"Bakery kami terinspirasi dari menu pastry tradisional china, seperti kue kering, roti nanas, sesuatu yang mungkin saat ini orang sudah jarang menemukannya," ungkap pemilik kafe Chrisly, Martin Khan saat ditemui di Hong Kong baru-baru ini.

Kafe Chrisly Inn berlokasi di Shop 3018, 3/F, Shun Tak Centre, 168-200 Connaught Road Central, Hong Kong.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Panda Cafe

Panda Cafe
Perbesar
Panda Cafe. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha

Satu lagi restoran halal yang tak boleh terlewatkan ketika berlibur ke Hong Kong yakni Panda Cafe. Kafe dengan tema binatang panda yang lucu ini berlokasi di dalam taman hiburan Ocean Park.

Kafe ini menyediakan beberapa menu makanan halal. Seperti nasi ayam hainan, nasi bola-bola daging dengan saus tomat, ayam tandoori dan buah-buahan segar.

Menariknya, restoran ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong. Panda Cafe buka pada pukul 10.00 - 18.00/19.30.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Hong Kong Disney Land Restaurant

Disney Land
Perbesar
Disney Land

Disney Land adalah salah satu destinasi yang wajib disambangi ketika berkunjung ke Hong Kong. Wisatawan muslim pun tidak perlu bingung mencari makan.

Restoran di Hong Kong Disney Land menyediakan menu makanan halal dan sudah tersertifikasi. Restoran ini juga menawarkan menu masakan dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Seperti nasi goreng dan sate ayam. "Semua menu makanan kita sesuaikan dengan citra rasa negara asalnya," ujar Rakesh Kumar, Sous Chef Explorer's Club Restaurant, Hong Kong Disneyland.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Jashan Indian Cuisine

Jashan Indian Cuisine
Perbesar
Jashan Indian Cuisine. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha.

Berbeda dari empat restoran sebelumnya, Jashan lebih banyak menawarkan makanan khas timur tengah. Berlokasi di Amber Lodge, 23 Hollywood Road, Central, Hong Kong Island.

Jashan dinilai sebagai salah satu restoran India terbaik di Hong Kong. Ketika masuk ke dalamnya, pengunjung dibuat seolah-olah sedang berada di India atau Arab.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Lee Keung Kee North Point Egg Waffles

Lee Keung Kee North Point Egg Waffles
Perbesar
Lee Keung Kee North Point Egg Waffles. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha.

Jajanan pinggir jalan juga menjadi salah satu yang ditawarkan di Hong Kong. Namun jajanan pinggir jalan seringkali dikhawatirkan para turis muslim karena banyak yang tidak halal.

Tapi beda dengan Egg Waffle satu ini. Lee Keung Kee adalah satu-satunya Egg Waffle yang tidak mengandung minyak babi di Hong Kong.

Pengunjung bisa mendapatkan waffles ini di 492 King's Road, North Point, Hong Kong Island dengan harga 8 dolar Hong Kong atau setara Rp 16 ribu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Green Common

Green Common
Perbesar
Green Common. Foto: Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha

Konsumsi vegetarian menjadi pilihan lain bagi wisatawan muslim ketika bingung mencari makan di Hong Kong. Salah satu restoran vegetarian yang wajib dikunjungi yakni Green Common.

Semua makanan yang disajikan Green Common menggunakan bahan dasar sayuran. Bagi pengunjung yang ingin makan enak namun tetap sehat, kunjungi Green Common yang berlokasi di Ocean Terminal, Harbour City Mall, Kowloon.Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya