Sukses

Begini Tips Hadapi Juri The NextDev Idea Pitch ala Dennis Adhiswara

Agar proses penjurian bisa dilalui dengan mudah, begini cara mengatasinya ala Dennis Adhiswara.

Liputan6.com, Jakarta Denis Adhiswara, nama pria yang satu ini tentu sudah nggak asing lagi buat masyarakat Indonesia. Debut film pertamanya di ‘Ada Apa dengan Cinta’ membawa namanya semakin dikenal oleh masyarakat Tanah Air. Dan ya, Dennis Adhiswara adalah salah satu penilai dalam The NextDev Talent Scouting 2018 yang pada hari ini, 27 April 2017 digelar di SSCC Convention Hall, Pakuwon Mall, Surabaya.

Sadar bahwa para peserta The NextDev Talent Scouting 2018 terlihat tegang saat menunggu ajaran 20 besar ide terbaik, maka Dennis pun memberikan beberapa tips supaya nggak tegang. Tips ini juga bisa kamu gunakan, kalau-kalau lagi tegang saat interview kerja lho. Tips lengkapnya silahkan scroll ke bawah ya… Semangat!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini Tips Hadapi Juri The NextDev Idea Pitch ala Dennis Adhiswara

1. Santai Saja

Dalam menghadapi kondisi tertekan untuk memaparkan ide startup pasti akan membuat peserta tegang. Tarik napas yang panjang jangan terburu-buru, kata Dennis Adhiswara. Dalam kondisi santai, peserta dapat berbicara dengan jelas dan dapat menyampaikan pesannya kepada para judges.

2. Komunikasi dengan Jelas

Sebaiknya sebelum maju ke hadapan judges, berlatihlah dulu mengatur ritme presentasi. Dengan demikian peserta dapat berkomunikasi dengan jelas memaparkan latar belakang, permasalahan dan solusi serta impact yang ditawarkan startupnya. Pitching dengan tergesa-gesa hanya akan menimbulkan misspersepsi dengan judges, lho!

 

3 dari 3 halaman

Begini Tips Hadapi Juri The NextDev Idea Pitch ala Dennis Adhiswara

3. Ingat Waktu!

Santai, berkomunikasi dengan jelas, tapi ingat pitching idea dibatasi oleh waktu. Dennis tidak lupa mengingatkan bahwa setiap presentasi peserta pitching dibatasi oleh waktu. Inilah mengapa kamu wajib berlatih terlebih dahulu agar tidak menghabiskan waktu memaparkan hal yang tidak perlu.

Sesi Pitching The NextDev Talent Scouting 2018 ini menjadi gerbang bagi peserta untuk maju ke babak selanjutnya. Siapa yang berhasil memaparkan ide startupnya yang dapat memberikan solusi kemudahan masyarakat melalui aplikasi yang diciptakan, yakinlah untuk melaju. Jika gagal di tahap Talent Scouting Surabaya, masih ada enam kota lainnya yang bisa kamu tuju. Jangan patah semangat ya!

For your information, dilansir dari situs resmi The NextDev, The NextDev adalah ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia dibidang social impact. Startup terbaik Indonesia akan menunjukkan ide-ide brilian mereka dalam pitching day di tujuh kota.

Kemudian, startup-startup pilihan para juri dari setiap kota akan berkompetisi pada Final Pitching Day di Jakarta yang akan diadakan Oktober 2018. Top 20 Finalist berkesempatan mengikuti program pengembangan bisnis The NextDev Academy, serta memperoleh hadiah dan fasilitas pengembangan startup lainnya.

Oleh: Gadis Abdul

Sumber: Bintang.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.