Mural Bruce Lee Jadi Daya Tarik Old Town Central Hong Kong

Oleh Ahmad Apriyono pada 27 Apr 2018, 15:45 WIB
Diperbarui 27 Apr 2018, 15:45 WIB
Old Town Central Hong Kong
Perbesar
Mural legenda bela diri Bruce Lee di Old Town Central Hong Kong. Kawasan ini menjadi tempat yang asyik buat kongkow anak-anak muda Hong Kong. (Liputan6.com/ Eka Laila Rosidha)

Liputan6.com, Jakarta Meski lahir di Amerika, Bruce Lee kecil tumbuh menjadi remaja yang tangguh di Hong Kong. Sejak kematiannya yang terlalu dini, dirinya secara sah telah menjadi pemuda paling dikenal di Hong Kong. Legenda seni bela diri ini telah menjadi superstar internasional yang banyak dikenal orang di penjuru Hong Kong.

Meski Bruce Lee hanya membintangi beberapa film, namun dirinya dianggap mampu mengubah cara sudut pandang orang Asia dalam film-film Amerika. Dan dampaknya, Bruce Lee menjadi salah satu seniman bela diri yang paling berpengaruh sepanjang masa.

Menurut informasi yang dikutip dari laman The Culture Trip, Minggu (28/4/2018), Bruce Lee menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Hong Kong. Rumah keluarganya terletak di atas jejeran toko di 218 Nathan Street yang ada di kawasan Distrik Kowloon.

Ayah Bruce Lee adalah Lee Hoi-Chuen, seorang penyanyi opera dan aktor fil lokal. Ayahnya sering membawa Bruce Lee ke tempat latihan musik, yang pada saat itulah Bruce Lee bertemu dengan Siu Kee Lun, anak dari sahabat ayahnya. Kedua anak ini kemudian berlatih bela diri.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berkenalan dengan Kungfu

Sejak usia 12 tahun, Bruce Lee mulai belajar di La Salle Collage, yaitu sekolah Katolik anak laki-laki di Kowloon, yang punya reputasi sebagai salah satu sekolah anak-anak nakal di Hong Kong. Sempat pernah dibully membuat sang ayah mengizinkan Bruce Lee untuk mengambil pelajaran kung-fu untuk sekadar membela diri.

Bruce Lee pun mulai berlatih seni Wing Chun, yang secara konsisten membuatnya merasa bahwa bela diri telah menjadi jalan kehidupan yang dipilihnya sejak kecil.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menginspirasi Old Town Central Hong Kong

Old Town Central Hong Kong
Perbesar
Old Town Central merupakan salah satu destinasi wisata buatan bernuansa artsy yang ada di Hong Kong. Kawasan ini dikelilingi bangunan-bangunan tua yang terkesan sudah tidak terpakai. (Liputan6.com/ Eka Laili Rosidha)

Empat puluh lima tahun setelah kepergiannya, nama Bruce Lee tidak lantas hilang di benak masyarakat Hong Kong. Bruce Lee saat ini bahkan menjadi inspirasi pariwisata Hong Kong. Old Town Central yang kini dibangun menjadi salah satu destinasi wisata instagramable memajang wajah sang legenda melalui seni mural.

Mural karya seniman Korea bernama Xeva yang dibuat menggunakan teknik mosaik tampak keren, dan mampu mengingatkan kembali tentang seorang legenda bela diri bernama Bruce Lee.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya