3 Mantra Najwa Shihab agar Sukses Berkreasi di Dunia Digital

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 25 Apr 2018, 12:26 WIB
XYZ DAY 2018-Najwa Shihab

Liputan6.com, Jakarta KapanLagi Youniverse (KLY) menggelar XYZ Day 2018 sebagai konferensi inspirasi multigenerasi pada Rabu (25/4/2018) di Senayan City, Jakarta. Dalam acara ini, KLY mengundang Najwa Shihab untuk bercerita kekuatan dunia digital dalam talkshow "Netizan, Network, dan Najwa".

Selepas berhenti dari program Mata Najwa di Metro TV, Najwa Shihab merambah dunia digital untuk berkreasi. Kini, ia pun sukses dan menjadi salah satu content creative yang sukses di dunia digital. Selama delapan bulan ini, Najwa Shihab berdaya melalui Narasi.tv.

Melalui media yang dibuatnya ini, Najwa Shihab berpegang ada tiga mantra, yakni Konten, Kolaborasi, dan Komunitas.

"Hidup saya berubah sejak delapan bulan yang lalu. Selama 17 tahun bekerja di perusahaan pertama sebagai wartawan pertama di televisi berita pertama. Ketika memutuskan jeda dari TV, menjadi kesempatan untuk menggaruk kegatalan saya di media sosial," ujar Najwa Shihab.

 

2 of 3

Dunia Media Sosial

XYZ DAY 2018-Najwa Shihab
Presenter Najwa Shihab saat menjadi pembicara dalam acara XYZ DAY 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta, Rabu (25/4). XYZ Day merupakan sebuah konferensi inspirasi multigenerasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Najwa Shihab di forum XYZ Day 2018 juga mengaku bahwa dirinya sudah menggunakan Twitter sejak 2008. Ia pun merasakan kemudahan dari media sosial untuk menentukan topik dan narasumber bagi program Mata Najwa. Bahkan, media sosial ia gunakan sebagai sarana berdiskusi. Sadar akan kemudahan interaksi yang diberikan oleh internet, Najwa berusaha untuk tetap berpegang ada mantra Konten untuk membuat konten yang lebih variarif. Baginya, sebuah konten sama harus dinikmati dengan rasa yang sama meski platformnya berbeda.

Untuk membuat variasi yang bervariasi, Najwa menggunakan mantra "kolaborasi" dengan mengajak beberapa konten kreator yang menginspirasi. Seperti Tompi dan Glenn Fredly dalam program talkshow dan Duo Bujang yang terkenal melalui radio Prambors.

 

3 of 3

Pentingnya Membangun Komunitas

Selain itu, Najwa Shihab menggunakan mantra yang terakhir, yakni "Komunitas" untuk memperluas jangkauan internet yang berpengaruh. Mereka yang tergabung di Komunitas Mata Kita ini tidak hanya memberikan masukan terkait konten, tetapi juga mengadakan kegiatan yang menginspirasi masyarakat. Mereka pun juga menjadi kontributor untuk konten yang dimuat di Mata Mata.

Kini, Najwa Shihab kembali ke dunia televisi dengan program Mata Najwa. Dengan berkecimpung di dua platform yang berbeda, Najwa Shihab menilai bahwa media digital tidak akan menggantikan televisi. Di mana digital dan televisi harus saling menguntungkan. Dari survei yang ia baca di Nielsen, orang yang lebih suka menonton di digital juga akan suka menonton di televisi.

Lanjutkan Membaca ↓