Kisah Mahiir, Bersepeda Keliling Indonesia demi Sebarkan Virus Literasi

Oleh Ahmad Apriyono pada 25 Apr 2018, 17:15 WIB
Diperbarui 25 Apr 2018, 17:15 WIB
Muhammad Mahiir Abdullah
Perbesar
Penjelalahan Mahiir menyebarkan virus literasi ke berbagai pelosok Nusantara sudah dimulai sejak 11 Maret 2018, dan baru akan berakhir pada 11 Maret 2020. (Liputan6.com/pool/ Muhammad Mahiir)

Liputan6.com, Jakarta Demi misi menyebarkan virus literasi dan membangun taman bacaan di 10 desa tertinggal di 10 provinsi di Indonesia, Muhammad Mahiir Abdullah melakukan ekspedisi “gila” menjelajahi Nusantara dengan bersepeda melintasi 34 provinsi, sekaligus melakukan pendakian 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Mahiir yang saat dihubungi Liputan6.com, Senin (23/4/2018) sedang berada pelabuhan Bali untuk menyeberang ke Pulau Lombok mengatakan, penjelalahan menyebarkan virus literasi ke berbagai pelosok Nusantara ini sudah dimulai sejak 11 Maret 2018 silam. Rencananya Mahiir baru akan menyelesaikan ekspedisi ini pada 11 Maret 2020.

“Saya ingin dari literasi, Indonesia bisa lebih maju. Semakin banyak taman bacaan akan semakin berkembang budaya literasi,” ungkap Mahiir.

 

2 dari 3 halaman

Pengalaman Menarik di Pulau Jawa

Muhammad Mahiir Abdullah
Perbesar
Demi misi menyebarkan virus literasi dan membangun taman bacaan di 10 desa tertinggal di 10 provinsi di Indonesia, Muhammad Mahiir Abdullah melakukan ekspedisi ke 34 provinsi di Indonesia menggunakan sepeda. (Liputan6.com/pool/ Muhammad Mahiir)

Meski ekspedisi ini baru saja dimulai, namun segudang pengalaman seru telah didapat Mahiir selama penjelajahannya. Menggunakan sepeda jenis mountain bike, sambil membawa perlengkapan mendaki dan peralatan bengkel sederhana, Mahiir telah berhasil menaklukan Pulau Jawa dan Bali dengan bersepeda.

“Selama di Jawa banyak pengalaman menarik dan berkesan bagi saya. Salah satunya saat saya berkunjung ke taman bacaan kawan saya yang lokasinya ada di bekas lokalisasi Dolly. Ini jadi taman bacaan yang menyelamatkan anak-anak dari lingkungan lokalisasi,” ungkap Mahiir. Tak hanya itu, pengalaman menarik lainnya adalah saat dirinya berkunjung ke kampung baca Taman Rimba di Papring Kalipuro Banyuwangi. Meski itu taman bacaan berbatasan langsung dengan hutan, tapi anak-anak tetap semangat belajar.

“Ini bukti, literasi di daerah-daerah tertinggal dan pelosok itu butuh sekali motivasi,” kata Mahiir menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Pendakian ke Rinjani

Muhammad Mahiir Abdullah
Perbesar
Muhammad Mahiir Abdullah saat berjumpa dengan kawa-kawan literasi di Pulau Bali. Mahiir akan mengunjungi banyak taman bacaan selama penjellajahannya keliling Indonesia menggunakan sepeda. (Liputan6.com/pool/Muhammad Mahiir)

Setelah menyeberang dari Bali, Mahiir rencannya akan tinggal selama 7 hari di Pulau Lombok. Dirinya akan mempersiapkan ekspedisi pendakian pertama ke Gunung Rinjani, salah satu dari tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

“Tanggal 3 Mei saya mulai start mendaki Gunung Rinjani,” kata Mahiir.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓