Memadukan Kuliner Jadi Cara Kartini dalam Berdiplomasi

Oleh Ahmad Apriyono pada 21 Apr 2018, 10:09 WIB
Kenali Preeklampsia, Penyakit yang Renggut Nyawa RA Kartini

Liputan6.com, Jakarta Usaha RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari ketertarikannya pada kuliner. Hobi memasaknya telah lama menjadi salah satu senjata yang digunakan Kartini dalam berdiplomasi.

Hal tersebut terbukti dari surat-surat Kartini yang dituliskannya tentang bagaimana dirinya mencoba berbagai resep tradisinal Jawa dan Erop, dan menggunakan resep masakan tersebut untuk menjelaskan bagaimana peradaban tatanan Jawa di mata Belanda.

RA Kartini sendiri menggemari Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek. Kedua hidangan ini memang sedikit berbeda dengan hidangan khas Jawa Tengah pada umumnya karena merupakan perpaduan kuliner Belanda, Cina, dan Jawa Tengah yang menggambarkan kondisi kota Jepara, yang terletak di pinggir pantai dan menjadi salah satu titik yang mudah dikunjungi oleh kapal-kapal asing pada saat itu. Perpaduan budaya inilah yang memengaruhi penerapan konsep fusion (perpaduan kuliner) pada masakan RA Kartini sehingga memiliki karakter masakan yang cukup unik dan menggugah untuk dinikmat

 

2 of 3

Kartini Era Digital

Indofood sebagai produsen berbagai bahan makanan berkualitas dari generasi ke generasi untuk keluarga Indonesia, memahami betul peran memasak dalam kehidupan para Ibu muda yang aktif, dinamis dengan aktifitas yang padat.

Oleh sebab itu, pada akhir tahun lalu, Indofood menghadirkan kembali www.masakapaya.com sebagai sahabat di dapur yang akan selalu senantiasa mendampingi para Ibu muda untuk memberikan pengalaman memasak yang lebih menyenangkan. Melalui www.masakapaya.com, kini para Ibu muda bersama Kartini kecil dapat bebas berkreasi dan mengeksplorasi resep warisan budaya dengan konsep fusion seperti yang dilakukan R.A Kartini sebagai bentuk cinta kasih yang menyatukan perbedaan dan mempererat keharmonisan.

 

3 of 3

Masak Jadi Mudah

Semangat Kartini dalam mendobrak kebiasaan lama untuk memperjuangkan emansipasi wanita, juga tercermin melalui peranan www.masakapaya.com dalam mendobrak kebiasaan memasak dengan hanya mengandalkan resep dan cara yang itu-itu saja, dengan memberikan pengalaman baru dalam memasak.

Dengan user experience dan berbagai fitur yang mudah digunakan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan, para Ibu muda dapat dengan mudah meng-klik menu “Masak Apa Ya” untuk mendapatkan beragam daftar menu untuk masakan sehari – hari hingga menu untuk acara – acara spesial yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan bumbu yang tersedia di dapur masing – masing.

Cukup dengan mendaftar di www.masakapaya.com, para Ibu muda tak hanya bisa mendapatkan inspirasi berbagai resep lezat dan memiliki sahabat baru di dapur, namun juga bisa mencoba dua resep favorit RA Kartini seperti Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek, dan berbagai resep masakan Jepara lainnya yang menggugah untuk dicoba seperti Sayur Betik Khas Jepara, Es Gempol Pleret, Pindang Serani Jepara, Rondo Royal dan resep lainnya yang dapat dilihat di sini. Yuk berkenalan dengan sahabat di dapur dengan mendaftar di www.masakapaya.com.

Lanjutkan Membaca ↓