Sukses

Mel Ahyar Mengemas Batik Iwan Tirta Jadi Lebih Modern di Fashion Nation 2018

Seperti apa rancangan Batik Iwan Tirta oleh Mel Ahyar di Fashion Nation 2018? Simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangkaian Fashion Nation 2018, Senayan City menggelar The Iconic Women pada Rabu (18/4/2018) yang memberikan penghargaan pada Kartini modern masa kini. Kali ini, penghargaan pada momen Fashion Nation XII diberikan kepada lima perempuan aktif dan menginspirasi dari berbagai profesi.

Mereka adalah Alexandra Asmasoebrata, Atiqah Hasiholan, Ayu Dewi, Daisy Musin Dare, dan Windy Hartanto. Kelima wanita ini pun mengenakan busana yang dirancang Mel Ahyar bersama Iwan Tirta Private Collection di Fashion Nation 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi pertama

"Kolaborasi pertama aku dengan batik dan full collection. Pertama juga dengan Iwan Tirta jadi bebannya lumayan berat. Karena aku sangat modern, jadi takut merusak motifnya dan pakem-pakem yang ada di kain Iwan Tirta," ujar Mel Ahyar ketika ditemui Liputan6.com usai acara Fashion Nation.

Mel Ahyar sendiri terinspirasi dari kain Iwan Tirta dalam proses perancangannya. Di mana Mel Ahyar harus mempelajari motif kainnya terlebih dahulu, baru ia bisa mulai merancang. Sehingga rancangannya tidak merusak nilai dan makna dari motif dari kain Iwan Tirta.

Busana yang dihadirkan dalam koleksi ini memiliki siluet yang lurus dan A-Line. Mel Ahyar menambahkan material taffeta, tulle, dan sutra organdi untuk memberikan tampilan yang modern.

3 dari 3 halaman

Rancangan yang mudah dipadupadankan

Hadir dalam 22 koleksi, Mel Ahyar merancang busana yang didominasi oleh blouse dress dan outer. Seluruh rancangannya ini menggunakan teknik sulam bordir dan aplikasi Swarovksi sebagai sentuhan akhir. Sehingga memberikan nuansa yang lebih hidup pada kain batik dari Iwan Tirta Private Collection.

Secara keseluruhan, busana yang dirancang Mel Ahyar sangat mudah dipadupadankan. Misalnya blouse dress. Anda bisa memadukannya dengan celana, kain, atau dress. Dipadukan dengan jenis pakaian yang berbeda, maka akan memberikan tampilan yang berbeda. Tergantung pada pilihan Anda, ingin tampil lebih boyish atau feminin.

Kain batik IWTP yang digunakan oleh Mel Ahyar memiliki motif Boketan (bunga), Peksi (burung), hingga Gajah. Koleksi busana ER-LUM ini sendiri menceritakan konsep nusantara atau keberagaman Indonesia yang menjadi tema besar Iwan Tirta Private Collection untuk tahun 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.