Sukses

Ingin Bebas Utang di Tanggal Tua? Ini Tipsnya

Bebaskan hidup Anda dari lilitan utang di tanggal tua. Ini caranya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu momen paling menyeramkan dari setiap karyawan adalah saat sudah memasuki tanggal tua. Tidak jarang saat baru gajian kita sering lupa dengan aneka kebutuhan mendadak yang mungkin datang di akhir bulan. Keinginan dan hasrat untuk membeli barang yang diinginkan saat baru gajian memang sulit dibendung. Namun agar Anda tidak merasakan kesulitan dan menambah beban utang saat akhir bulan, coba ikuti beberapa tips dari Cashbac berikut ini.

1. Rencanakan Liburan

Tidak ada yang salah jika Anda ingin liburan, terutama jika traveling merupakan salah satu hobi Anda. Namun ada baiknya jika Anda merencanakan liburan jauh-jauh hari sebelum waktunya. Idealnya Anda menyimpan gaji selama dua bulan dengan tidak membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan utama untuk menjadi uang saku saat Anda liburan. Jadi misalnya Anda ingin pergi liburan, sebaiknya Anda menabung dua bulan sebelum berangkat agar jangan sampai utang dengan kartu kredit.

2. Simpan Bon Pengeluaran

Setiap bulan tidak ada salahnya Anda menyimpan bon pengeluaran. Kenapa hal ini cukup penting? Tidak lain agar bon-bon ini menjadi pengingat sekaligus sebagai rem Anda dalam mengambil keputusan. Meskipun terlihat sepele, bon ini akan mengingatkan seberapa banyak pengeluaran yang sudah Anda keluarkan dalam sebulan ini. Bila tidak, gaji akan tiba-tiba habis sebelum waktunya dan Anda terpaksa utang ke mana-mana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Simpan Kartu ATM di Rumah

Terdengar sulit, tapi jika sudah dibiasakan, akan terasa mudah. Ambil uang dengan perincian yang sudah Anda hitung per minggunya, sehingga Anda dapat mengatur berapa banyak sisa uang yang Anda miliki dan berapa banyak kebutuhan yang belum terpenuhi dalam seminggu itu. Ingat, jangan suka membohongi diri sendiri, karena tujuan Anda melakukan hal ini adalah untuk menghemat dan belajar untuk lebih terstruktur dalam mengatur pengeluaran.

 

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Aplikasi Reward

 

Ini hal yang paling mudah untuk dilakukan. Saat ini banyak sekali muncul aplikasi yang bisa memberikan Anda beragam keuntungan seperti diskon ataupun point rewards. Namun jangan salah pilih, karena tidak semua memberikan keuntungan secara langsung ataupun malah memberikan banyak syarat untuk mendapatkannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.