8 Cara Hilangkan Bau Sepatu Olahraga dengan Bahan Alami

Oleh Lakupon pada 19 Apr 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2018, 10:30 WIB
Sepatu Olahraga
Perbesar
Sepatu Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Pemakaian sepatu olahraga yang terlalu sering bisa memunculkan bau tak sedap pada sepatu. Hal ini dikarenakan bakteri dan keringat selama berolahraga menumpuk di sepatu. Selain mencucinya secara rutin, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau sepatu olahraga seperti berikut ini.

1. Baking Soda

Baking soda tak hanya digunakan untuk membuat kue, tapi juga bisa menghilangkan bau pada sepatu olahraga. Anda cukup menaburi sedikit baking soda ke dalam sepatu lalu diamkan semalaman. Jika besok pagi ingin di pakai, maka ambil dan bersihkan terlebih dahulu agar tidak menempel di kaki atau kaos kaki. Anda bisa gunakan cara ini rutin agar bau sepatu olahraga cepat hilang.

2. Kantung Teh

Jika Anda tidak punya baking soda, maka bisa gunakan kantung teh. Ambil kantung teh, lalu letakkan di dalam sepatu olahraga. Anda perlu menggunakan kantung teh yang sudah direbus, lalu dikeringkan dan siap diletakkan di dalam sepatu. Jika ada cairan yang menyerap, maka bisa bersihkan.

3. Kulit Jeruk

Jika di kulkas ada buah jeruk, maka Anda bisa gunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Kulit jeruk bisa menghilangkan bau sepatu karena bersifat anti-bakteri. Selain itu, jeruk juga mampu mencegah perkembangbiakan bakteri dan membunuhnya. Selain menghilangkan bau di sepatu olahraga, jeruk juga bisa memberikan aroma segar. Cukup ambil dua buah kulit jeruk lalu letakkan didalam sepatu dan biarkan semalaman.

2 dari 3 halaman

8 Cara Hilangkan Bau Sepatu Olahraga dengan Bahan Alami

5 Menit Gerakan Tubuh Efektif Bagi Si Pemalas
Perbesar
Dalam lima menit saja, Anda sudah dapat mendapatkan manfaat olahraga. (iStockphoto)

4. Alkohol

Alkohol tidak hanya mampu mencegah pertumbuhan bakteri dengan membunuhnya, tetapi juga menghilangkan bau busuk pada sepatu olahraga. Sebelum direndam, bersihkan dan keringkan sepatu, lalu rendam di dalam air alcohol beberapa jam. Lalu angkat dan keringkan.

5. Bawang Bombay

Siapa sangka kalau bawang bombay juga bisa membantu menghilangkan bau sepatu. Bawang ternyata mampu menyerap bau busuk. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memotong 2-3 potong bawang bombay, lalu diamkan didalm sepatu beberapa jam. Lalu, Anda bisa cek hasilnya!

6. Silica Gel

Anda bisa membeli silica gel untuk membantu menyerap kelembapan pada sepatu. Sepatu yang lembap adalah penyebab bau tak sedap karena bakteri tumbuh di area yang lembap. Silica Gel mampu menyerap uap air sehingga sepatu tetap kering.

7. Cuka

Cuka bisa menghilangkan bau tak sedap di sepatu olahraga Anda. Cukup gunakan larutan cuka dan air dengan rasio 1:1. Lalu semprotkan ke air di bagian dalam sepatu dan diamkan selama 30 menit. Lalu keringkan dengan hair dryer atau jemur di panas matahari.

3 dari 3 halaman

8 Cara Hilangkan Bau Sepatu Olahraga dengan Bahan Alami

Ilustrasi Olahraga Lari (iStockphoto)
Perbesar
Setelah Menekuni Olahraga Lari Selama Satu Tahun, Banyak Perubahan ke Arah yang Lebih Baik Dirasakan Dewi (Ilustrasi/iStockphoto)

8. Lemari Es

Cara ini adalah cara alami terakhir yang jika semua cara di atas tidak berhasil. Anda bisa tempatkan sepatu di kantong plastik lalu tutup rapat. Lalu, masukkan sepatu kedalam lemari es semalaman. Keluarkan keesokan harinya lalu biarkan mencair dan mengering dan siap digunakan kembali.

Jika Anda masih memiliki masalah dengan kebersihan sepatu, maka bisa serahkan ke ahlinya di Panpin Shoe Treatment. Panpin Shoe Treatment adalah jasa cuci sepatu professional yang pengerjaan laundry sepatu dilakukan dengan peralatan khusus. Tak hanya itu, Panpin juga menggunakan bahan-bahan premium yang disesuaikan dengan jenis dan bahan sepatu. Mulai dari Rp 25.000 untuk 1 pasang sepatu. Gunakan voucher Panpin di Lakupon diskon hingga 50 persen DISINI.

 

Lanjutkan Membaca ↓