Sukses

Begini Cara Merawat Pisau yang Benar

Simak bagaimana cara merawat pisau yang benar di sini

Liputan6.com, Jakarta Pisau yang bagus ternyata juga mempengaruhi rasa makanan. Menurut Dave Arnold yang merupakan mantan instruktur di sekolah kuliner L’Academie de Cuisine, tidak masalah jenis pisau apapun yang digunakan selama Anda melakukan pengasahan dan perawatan yang tepat.

Dilansir dari Independent pada Rabu (18/4/2018), Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengasah dan cara merawat pisau yang tepat. Sehingga pisau Anda bisa bertahan selama bertahun-tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Memahami cara kerja pisau

Kebanyakan pisau diasah hingga sudut 30 hingga 40 derajat. Namun seiring dengan waktu dan penggunaannya, tepi pisau akan menjadi sangat tipis sehingga membuat pisau lebih mudah rusak. Sesuaikan cara pengasahan dengan jenis pisau yang digunakan.

2. Ketahui kapan pisau butuh diasah

Pisau yang tajam akan membantu Anda bekerja lebih efisien, mudah mengiris makanan tanpa harus terlalu banyak tekanan. Pisau tumpul bisa juga menyebabkan kecelakaan ketika memotong makanan.

Arnold menyarankan agar Anda menggunakan tomat, lemon, paprika, dan wortel untuk memastikan apakah pisau Anda butuh diasah atau tidak. Pisau tumpul akan memberikan hasil potongan yang berantakan.

3. Pahami cara mengasah pisau

Untuk mengasah pisau, gerakkan ujung pisau dengan ringan pada sudut 15 atau 20 derajat. Anda bisa mengasah pisau sebanyak tiga kali di setiap sisi.

 

3 dari 3 halaman

4. Gunakan papan yang benar

Disarankan untuk menggunakan papan yang terbuat dari plastik atau kayu ketika memotong. Permukaan yang keras akan membuat pisau lebih mudah patah. Ukuran permukaan papannya, lebih besar, lebih baik.

5. Bersihkan dengan benar

Usahakan untuk membersihkan pisau menggunakan tangan bukan dengan alat mesin pencuci. Karena akan membuat pisau berubah warna dan membuat pisau retak. Cuci pisau dengan sabun dan air hangat. Keringkan secara menyeluruh. Jangan simpan dalam keadaan basah atau kotor. Pisau akan lebih mudah berkarat.

6. Simpan dengan benar

Simpan pisau dengan cara yang benar. Anda bisa membungkus bilahnya terlebih dahulu sehingga tidak melukai diri Anda. Jangn pernah biarkan pisau disimpan dalam keadaan terbuka. Anda bisa membungkusnya dengan plastik atau karet. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.