Sukses

7 Rahasia Mengatasi Insomnia

Ingin tahu caranya mengatasi insomnia atau kesulitan tidur di malam hari? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda juga mengalami masalah dengan insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari? Kesulitan tidur di malam hari mungkin adalah masalah yang sangat mengganggu, karena aktivitas sepanjang hari juga tentu akan terpengaruh.

Jangan khawatir, dilansir dari purewow.com, Rabu (18/4/2018), berikut ini adalah beberapa rahasia mengatasi insomnia. Penasaran apa saja?

1. Ketahuilah apa yang harus dimakan sebelum tidur

Kebanyakan orang masih tidak tahu apa yang harus dimakan sebelum tidur. Cobalah makan makanan yang akan membuat tidur Anda di malam hari semakin nyenyak, seperti walnut dan tuna.

2. Tidur dengan pintu terbuka

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Indoor Air: International Journal of Indoor Environment and Health, para ilmuwan telah mengamati sekelompok orang dewasa tidur selama lima malam. Mereka mengaku tidur dengan pintu kamar yang terbuka, membuat tidur malam mereka menjadi lebih baik dan lama daripada saat tidur dengan pintu tertutup.

Membuka pintu kamar akan membuat suhu ruangan menjadi lebih rendah, sekitar 67 derajat Fahrenheit, suhu yang sangat optimal untuk tidur. Sudah pernah tidur dengan pintu kamar yang terbuka?

3. Membuat rutinitas

Ya, Anda harus membuat rutinitas dan mematuhinya. Pilihlah waktu yang masuk akal untuk pergi tidur dan bangun setiap paginya, patuhi dalam jangka panjang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips mengatasi insomnia

4. Membuat kamar senyaman mungkin

Tentukan desain dan tata letak ruangan yang benar- benar dapat membuat Anda nyaman, karena berperan besar membuat tidur nyenyak di malam hari. Seprai dengan bahan campuran katun poliester atau kaus akan membuat tubuh terjebak dalam panas, cobalah dengan percale organik yang lebih sejuk.

5. Mengetahui peluang tidur Anda

Menurut Matthew Walker, direktur dari Sleep and Neuroimaging Lab, sekaligus penulis dari Why We Sleep, tidur juga harus direncanakan. Anda harus benar-benar mengetahui waktu Anda untuk jatuh tertidur dan berapa lama yang dibutuhkan untuk benar-benar bangun.

3 dari 3 halaman

Tips mengatasi insomnia

6. Jangan menunda alarm

Setiap kali alarm berbunyi dan Anda menundanya, kemudian kembali tidur, siklus tidur yang baru akan terbentuk dan mengganggu tidur setiap beberapa menit. Kemungkinan terbesarnya Anda hanya akan terbangun dengan tubuh yang kelelahan.

7. Ketahui apa yang harus dilakukan ketika tidak bisa tidur

Ketika hal ini terjadi, coba bayangkan sesuatu yang tidak akan memberi tekanan sama sekali pada diri Anda. Selanjutnya atur udara di ruangan Anda antara 65 dan 68 derajat untuk tidur malam yang lebih nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.