Sukses

5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Baik-Baik

Bagaimana cara mengakhiri hubungan tanpa ada pertengkaran? Simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan kenapa sebuah hubungan bisa berakhir. Sekali Anda merasa berhenti mencintai seseorang, maka Anda pun sudah bersiap untuk merencanakan bagaimana mengakhiri hubungan tersebut. Namun berakhirnya sebuah hubungan membuat Anda dan mantan menjadi begitu dingin. Seakan tidak pernah terjadi apa-apa

Dilansir dari Boldsky pada Rabu (11/4/2018), Anda bisa menggunakan lima cara berikut untuk mengakhiri hubungan dengan baik-baik. Paling tidak, dengan Anda mengakhiri hubungan tidak mengakibatkan hal yang buruk.

1. Jujur dan lugas

Putus menjadi hal tidak diinginkan ketika menjalin hubungan. Namun jikapun Anda harus putus, katakan dengan jujur dan lugas. Anda harus memberi tahu pasangan mengapa Anda ingin putus. Katakan tanpa bertele-tele karena itu akan membawa akibat yang buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bersikap lembut dan menghargai

Ketika Anda jujur, cobalah untuk tetap bersikap lembut. Saling menyakiti tidak akan membuat Anda berhasil. Dengan tetap bersikap lembut dan menghargai pasangan Anda, Anda tidak akan menyakitinya ketika ingin mengakhiri hubungan.

3. Memilih kata yang tepat

Memilih kata-kata yang tepat untuk diucapkan saat hendak mengakhiri hubungan bisa menjadi sebuah perpaduan. Jujurlah dengan kata-kata yang ingin Anda ucapkan dan jangan habiskan waktu terlalu banyak dengan membela apa yang Anda katakan. Anda perlu membingkai kata-kata yang Anda gunakan sedemikian rupa sehingga tidak menyakitinya.

3 dari 3 halaman

4. Jangan berikan harapan

Banyak orang yang mengakhiri hubungan dengan mengatakan bahwa mereka bisa menjadi teman dan terus berhubungan. Padahal yang diinginkan adalah sebaliknya. Sebaiknya, jujur pada pasangan Anda apa yang Anda harapkan setelah berakhirnya hubungan. Jika Anda memilih untuk tidak berhubungan dengannya lagi, katakan dengan jujur. Sehingga mantan pasangan tidak mendapat harapan palsu.

5. Biarkan mereka melewati proses

Ketika Anda mengakhiri hubungan, biarkan mantan pasangan mengambil waktunya untuk menjalani proses pascaputus dengan caranya sendiri. Jangan menekan orang lain. Biarkan mereka mengambil waktu dan ruang untuk memahami berakhirnya hubungan. Dengan proses ini, Anda akan mampu mengakhiri hubungan tanpa menyebabkan banyak masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.