Sukses

3 Manfaat Bawang Bagi Kulit yang Jarang Diketahui

Bawang tak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Tapi juga sangat baik bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu dengan bumbu dapur yang satu ini. Yup, bawang memang menjadi salah satu bahan pokok dalam memasak. Selain membuat masakan terasa lebih lezat, ternyata bawang memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kulit.  Seperti yang dikutip dari halaman Beutyglimpse, Senin (09/04/18), bawang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi penting bagi kulit. Semua kandungan tersebut sangat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan sinar UV dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Lalu bagaimana cara memanfaatkannya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Mencegah Penuaan Dini

Cukup ambil beberapa siung bawang berukuran sedang kemudian potong kecil lalu tambahkan sedikit air, masukkan kedalam blender dan haluskan. Ambil bola kapas berukuran sedang kemudian celupkan kedalam jus bawang dan aplikasikan keseluruh kulit Anda. Cara ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh sel-sel kulit secara signifikan sehingga mencegah munculnya kerutan dan kulit wajah akan terlihat lebih kencang dan tampak lebih muda.

3 dari 3 halaman

2. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat yang membengkak memang sangat mengganggu penampilan. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, cukup dengan mencampurkan 1 sdm jus bawang dengan 1 sdm minyak zaitun atau almond. Anda sudah bisa mendapatkan obat jerawat yang sangat ampuh.

3. Menghilangkan bintik di wajah

Vitamin C yang ada pada bawang mampu mengobati bintik-bintik gelap, bercak dan noda lainnya pada wajah.  Caranya juga cukup mudah, campurkan 1 sdm jus bawang segar dengan 1 sdm yoghurt, lalu tambahkan sebanyak 5 hingga 6 tetes minyak levender kedalam campuran tersebut. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari secara lembut. Diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Selain mencampurkannya dengan yoghurt, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami lainnya seperti jus lemon atau sejumput bubuk kunyit. Selamat mencoba. 

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.