Sukses

Koki Dunia Kritik Menu Nasi Lemak, Warganet Malaysia Meradang

Nasi Lemak berisi ayam rendang, telur dadar gulung, ikan teri, kacang, dan udang bakar tersebut mendapat kritik tajam dari juri Master Chef UK.

Liputan6.com, Jakarta Nasi Lemak, kuliner tradisonal Malaysia, mengundang kehebohan jagat dunia maya, setelah chef Malaysia Zaleha Kadir Olphin memperkenalkan kuliner tersebut ke ajang Master Chef UK 2018. Nasi Lemak berisi ayam rendang, telur dadar gulung, ikan teri, kacang, dan udang bakar tersebut mendapat kritik tajam dari juri, yang membuat langkahnya harus terhenti di babak perempat final.

Gregg Wallance, seorang juri Master Chef UK, memberikan kritik pedasnya pada menu Nasi Lemak yang dibuat Zaleha. "Kulit ayam ini tidak kripsi, ini tidak bisa dimakan," ujar Gregg memberikan komentarnya untuk lauk ayam rendang yang disajikan Zaleha, seperti dikutip dari says.com, Selasa (3/4/2018).

Gregg juga mengomentari bumbu rendangnya. Dia mengaku tak bisa memakan dagingnya karena terlalu banyak bumbu rendang di atasnya. Komentar yang dilontarkan Gregg pada nasi lemak buatan Zaleha jelas saja mengundang reaksi dari publik, khususnya warga Malaysia yang dibuat geram dengan komentar juri berkepala plontos tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelaan Chef Lokal

Koki selebritas dari Malaysia bernama Datuk Redzuawan Ismail pun turut memberikan komentar terhadap kritikan yang dilontarkan juri tersebut. Ia menganggap juri itu tak mengerti tentang masakan tradisional.

"Ini bukan bebek goreng ala oranye atau confit d canard, cara orang Prancis memasak bebek mereka. Ini ayam rendang. Hidangan dalam resep ini tidak digoreng. Jelas dia tidak tahu karena kami memasaknya dengan cara rendang Malaysia," ungkapnya.

Nasi lemak memang wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang, baik itu ayam maupun daging sapi dan tidak bertekstur garing. Berita tersebut juga mengundang reaksi dari para penghuni Twitter dunia yang dibuat geram dengan komentar Gregg.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet Malaysia

"Chicken rendang during raya is heaven! Omg these people don't know how to appreciate a bless (Ayam rendang adalah surga! Omg orang-orang ini tidak tahu bagaimana menghargai berkah)," tulis akun @blackiesasa.

"I guess next time, you don't hve to call yourself a 5-star, professional celebrity-stat chef for not knowing how Chicken Rendang should look and taste; like how it suppose to prepare. Im no chef but holy cow you're an embarrasstment (Aku rasa lain kali, kamu tidak menyebut dirimu sebagai profesional chef bertaraf bintang lima karena tidak tahu bagaimana ayam rendang seharusnya terlihat dan memiliki rasa. Aku bukan koki tapi aksimu memalukan)," imbuh akun @KiaHanaa.

"Chicken Rendang is a classic Malaysian dish, it’s very special. How could u asked someone to prepare it differnetly jz cuz u like a crispy chicken & sauce placed seperately? Respect the dish! It’s culture @JohnTorode1 @GreggAWallace @MasterChefUK (Ayam rendang adalah hidangan klasik Malaysia, sangat spesial. Bagaimana kamu bisa meminta seseorang untuk menyiapkannya dengan cara berbeda seperti ayam renyah dan saus ditempatkan terpisah? Hormati hidangannya!)" pungkas akun @ShannonChowz.

Reporter: Nisa Akmala

Sumber: Brilio.net

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.